Home Kepulauan Riau Batam

Bantuan ABS Gelombang 2 Diserahkan Kepada 20 Siswa

34
LAZ Batam menyerahkan bantuan program ABS dengan Pegadaian Syariah Cabang Sei Panas sebagai donator tunggal kepada 20 siswa di Wisma PIH Batam Center, Kamis (16/7/20). (F: Istimewa)

Barakata.id- Lembaga Amil Zakat (LAZ) Batam kembali menyerahkan bantuan Aku Bisa Sekolah (ABS), Kamis (16/7/20). Penyerahan gelombang 2 ini merupakan donasi tunggal dari Pegadaian Syariah Cabang Sei Panas. Dana diberikan kepada 20 siswa tidak mampu di Batam.

“Seperti sebelumnya, dana itu digunakan untuk membantu biaya masuk sekolah,” kata Direktur LAZ Batam, Syarifuddin, Jumat (17/7/20).

Lebih lanjut Syarif mengatakan, sesuai namanya bantuan ABS ditujukan untuk meringankan beban para orang tua terhadap biaya masuk sekolah. Terutama orang tua tidak mampu dan terdampak pandemi Covid-19.

Penyerahan bantuan ABS ini sengaja dilakukan bertahap. Hal itu mengingat sesuai protokol kesehatan di masa pandemi untuk tidak membuat kerumunan.

Baca Juga:
LAZ Batam Serahkan Bantuan ABS Gelombang 1

“Insyaallah nanti ada lagi gelombang ke-3,” kata Syarif.

Bantuan ABS ini diberikan kepada para siswa yang tahun ajaran baru ini mendaftar sekolah. Baik itu untuk tingkat SD, SMP maupun SMA. Besaran dana bantuan yang diberikan pun berbeda-beda, sesuai tingkatannya.

“Bantuan ABS ini memang tak bisa menyelesaikan semua permasalahan orangtua terkait biaya pendidikan anak-anaknya. Tapi setidaknya ini bisa meringankan beban orangtua di masa-masa sulit,” lanjut Syarif.

Dia mengatakan, LAZ Batam punya banyak program lain selain ABS. Seperti bantuan beasiswa rutin yang diberikan setiap bulan. Beasiswa itu diberikan kepada anak-anak tidak mampu. Sehingga mereka tetap mendapat pendidikan yang layak.

“Seperti apa informasinya, bisa langsung datang ke kantor LAZ Batam. Jadi jangan sampai ada anak-anak di Batam ini tidak bersekolah,” ujarnya.

Baca Juga:
LAZ Batam Buka Pendaftaran Penerima Program ABS

Sementara itu Pimpinan Pegadaian Syariah Cabang Sei Panas, Masneli mengatakan pihaknya juga sangat peduli terhadap kegiatan-kegiatan sosial. Terutama di bidang pendidikan.

“Sudah banyak (bantuan) disalurkan dengan mitra-mitra lembaga sosial seperti bidang agama, pendidikan, pesantren, panti dan lain sebagainya,” tuturnya.

Dia berharap bantuan yang diberikan untuk program ABS ini dapat memberikan manfaat kepada seluruh orang tua siswa. Sehingga mereka tetap bisa menyekolahkan anak-anaknya.

Acara tersebut turut dihadiri Ketua MUI Batam Usman Ahmad, para kepala sekolah tempat siswa penerima bantuan ABS, serta orangtua siswa.

Pada kesempatan itu, pihak Pegadaian Syariah Cabang Sei Panas juga memberikan literasi mengenai produk-produknya. Hal itu sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat, terutama yang hadir terhadap layanan Pegadaian Syariah.

****

Penulis: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin