Home Nusantara DPRD Kota Blitar Gelar Rapat Paripurna Ranwal RPJMD 2021-2026

DPRD Kota Blitar Gelar Rapat Paripurna Ranwal RPJMD 2021-2026

34
DPRD Kota Blitar Gelar Rapat Paripurna
Bersama DPRD Kota Blitar, Wali Kota Blitar Santoso menandatangani Nota Kesepakatan Ranwal RPJMD 2021-2026
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.Id, Blitar (Jatim) – DPRD Kota Blitar mengadakan rapat paripurna penetapan nota kesepakatan atas Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Blitar Tahun 2021-2026.

Dipimpin Ketua DPRD Kota Blitar dr Syahrul Alim dan didampingi Wakil Ketua Agus Zunaidi serta Ely Idayah Vitnawati, rapat dimulai dengan pembacaan laporan panitia khusus (Pansus) kemudian disusul penyerahan dokumen pandangan umum fraksi-fraksi.


Syahrul Alim mengatakan, setelah penandatanganan nota kesepakatan ini, dokumen Ranwal RPJMD akan dibawa ke Gubernur Jawa Timur untuk dipelajari terlebih dahulu setelah itu dikembalikan lagi.

Baca juga : Ketua DPRD Kota Blitar : SE Larangan Mudik Adalah Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19

“RPJMD Kota Blitar harus selaras dengan visi misi pemerintah provinsi dan pusat serta merupakan perwujudan visi misi Walikota dan Wakil Walikota,” terang Syahrul usai rapat, Jumat lalu.

Di kesempatan itu, dalam sambutannya, Walikota Santoso bersyukur karena pembahasan Ranwal RPJMD berjalan relatif lancar dan tepat waktu sehingga dapat segera ditetapkan sebagai Perda. Meski ada dinamika, menurutnya hal itu demi kepentingan yang lebih luas.

“Saya mengucapkan terimakasih, rapat paripurna Ranwal RPJMD Kota Blitar telah disetujui. Kami percaya sepenuhnya, apapun dinamika di dalamnya selalu mengedepankan kepentingan yang lebih luas. Setajam apapun perbedaan pendapat, hal itu adalah wajar sebatas dalam koridor demokrasi yang sehat dan harmonis,” kata Santoso.

Ia juga menghargai berbagai masukan, termasuk beberapa poin penekanan penting segenap pimpinan dan anggota dewan.

“RPJMD adalah dokumen strategis karena akan menjadi dasar Rumusan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Rencana Aksi Daerah (RAD) dan Rencana Strategis (Renstra),” terangnya.

Walikota Santoso menambahkan, RPJMD ini senantiasa disempurnakan dari sebelumnya. Seluruh indikator kinerja terukur, jelas prosentase penghitungannya sehingga semua program kegiatan yang dibiayai oleh APBD dapat tercapai.

Baca juga : DPRD Kota Blitar Gelar Rapat Paripurna LKPJ Wali Kota 2020

“Sesuai target pada tahapan ini, 6 bulan setelah dilantik, kepala daerah harus menyelesaikan RPJMD. Setelah dikoreksi dikembalikan kesini untuk dibahas bersama DPRD kemudian muncul dalam kegiatan Musrenbang. Insha Allah empat atau lima bulan sudah selesai,” katanya.

Ia berharap, jangan sampai pandai merencanakan tapi kurang baik dalam implementasinya. Menurutnya, kunci keberhasilan yang pertama adalah semangat Blitar Keren.

“Dengan semangat Blitar Keren, di tengah keberagaman kita harus bersatu, dijiwai semangat religius dan nasionalis, mampu mewujudkan kerja cerdas, kerja mawas dan kerja tuntas,” tandas Santoso. (Adv/dprd).

Penulis : Achmad Zunaidi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin