Gaya Perempuan Claudia Santoso, Juara The Voice Jerman dari Cirebon

Claudia Santoso, Juara The Voice Jerman dari Cirebon

52
Claudia Emmanuela Santoso. (F: YouTube)

Barakata.id, Batam – Claudia Emmanuela Santoso sukses mengharumkan nama Indonesia di kanccah internasional. Gadis asal Cirebon, Jawa Barat itu memenangi The Voice Jerman, ajang kompetisi menyanyi paling bergengsi di Jerman.

Pada babak final, Claudia mendominasi penilaian dengan 46,39 persen. Sedangkan di posisi kedua ada Erwin Kintop dengan 17,36 persen.

“Claudia Manuela San wins the 9th season of the Voice of Germany,” tulis akun @thevoiceofgermany.

Jadi rebutan juri

Penampilan Claudia memang sudah menarik perhatian sejak awal. Ia menjadi rebutan juri pada sesi blind audition. Ketika itu, Claudia membawakan lagu dari film ‘The Greatest Snowman’ yang berjudul ‘Never Enough’.

Alice Merton, Sido, Rea Garvey, dan Mark Foster sebagai juri langsung membalikkan kursinya. Menjadi rebutan juri membuat Claudia bingung memilih.

Gadis kelahiran 27 Oktober 2000 itu akhirnya memilih Alice Merton sebagai mentornya. Alice bahkan sampai naik ke panggung dan memeluk Alice.

Belum cukup Claudia memukau publik di sesi blind audition saja. Ia juga kerap mendapat standing ovation di sesi battle.

Claudia bahkan mendapat apresiasi itu dari keempat juri. Bahkan ‘Say Something’ yang dibawakan mereka sukses membuat Alice Merton menangis.

Bukan cuma sekali, Claudia kerap mendapat apresiasi tinggi dari juri dan penonton setelah beraksi. Hal itu membuat keluarganya bangga.

“Saat penampilan anak saya, saya mau pingsan. Tidak bisa rasain apa-apa. Saya juga nggak percaya bisa hadir di situ,” kata Christin, ibunda Claudia melalui pesan singkat, dilansir dari detikHOT, Senin (11/11/19).

Latihan terus dilakukan Claudia meski kerap mendapatkan pujian dari juri. Ia bahkan berjanji untuk memberikan penampilan maksimal di babak final.

“Terima kasih untuk dukungannya, baik kehadirannya di Studio juga untuk yth. Bapak Duta Besar Indonesia di Jerman (Bapak Arif Havas Oegroseno dan ibu Sartika Oegroseno) untuk Vote dan doanya sehingga Audi bs tampil lagi di final,” tulis Claudia di media sosial.

Semua usaha itu ternyata berbuah hasil mengagumkan. Claudia berhasil menjadi juara The Voice Jerman 2019.

Ia tampil bersama Freya Ridings membawakan lagu ‘Castles’. Selanjutnya, ia meng-cover lagu ‘I Have Nothing’ dari Whitney Houston.

Claudia Emmanuela Santoso. (F: YouTube)

Hasilnya, Claudia mendominasi penilaian dengan 46,39 persen. Sedangkan di posisi kedua ada Erwin Kintop dengan 17,36 persen.

“Claudia Manuela San wins the 9th season of the Voice of Germany,” tulis akun @thevoiceofgermany.

Belum beruntung di Indonesia

Nama Claudia Santoso kini memang sudah terkenal. Namun, tidak banyak yang tahu jika usahanya untuk diakui memiliki suara bagus tidak mudah.

Claudia pernah mengikuti beberapa ajang pencarian bakat bernyanyi di Indonesia. Salah satunya adalah Akademi Fantasi Indosiar (AFI) Junior, tapi usahanya saat itu belum berbuah hasil.

Ia juga pernah mencoba peruntungan di Idola Cilik pada 2011. Saat itu, ia berhasil menembus 20 besar sebelum akhirnya kandas.

Pencarian bakat untuk penggarapan film anak dari sebuah perusahaan biskuit juga pernah diikuti oleh wanita yang akrab disapa Audi tersebut. Di ajang itu, ia berhasil terpilih sebagai komposer.

Baca Juga : Aries Susanti Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing, Geser Yi Ling Song

Yang menarik, proyek itu berlanjut hingga film selesai diproduksi. Museum Rekor Indonesia (MURI) juga mencatat film itu sebagai film anak yang diproduksi oleh anak-anak di Indonesia.

Perjalanan Audi belum selesai. Ia menjajal Mamamia. Sayang, usahanya juga harus terhenti di babak 11 besar.

Tak patah semangat, diiringi latihan yang baik, Audi mencoba The Voice Jerman. Di ajang inilah, ia mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya sehingga “menyihir” para juri dan penonton.

*****

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here