Home Gaya Tekno

Karyawan Google Boleh WFH hingga Juli 2021

17
Google.
Markas Google.(foto: Trip Savvy)

Barakata.id – Google berencana mengizinkan 200.000 karyawan tetap dan kontrak bekerja jarak jauh hingga Juli 2021.

Keputusan tersebut diambil setelah CEO induk perusahaan Google, Alphabet, Sundar Pichai, melakukan pertemuan virtual dengan jajaran pimpinan perusahaan pada pekan lalu. Juru bicara Google, dikutip dari The Verge, Selasa (28/7/2020), mengatakan bahwa Pichai mengirim email kepada karyawan Senin pagi (27/7) untuk mengumumkan rencana tersebut.

“Agar karyawan dapat memiliki rencana ke depan, kami secara global memperpanjang opsi bekerja dari rumah hingga 30 Juni 2021 untuk posisi yang tidak diharuskan ada di kantor,” ujar juru bicara Google.

Baca Juga:

Google Luncurkan Fitur Cek Fakta dan GCP di Indonesia

Google sebelumnya telah mengumumkan rencana untuk membuka kembali beberapa kantor bagi sebagian kecil karyawan mulai 6 Juli, namun kini hadir di kantor menjadi opsional.

Menurut The Wall Street Journal, pengaturan ini berlaku secara global untuk hampir semua karyawan termasuk kontraktor dan pekerja penuh waktu. Pengaturan juga berlaku di kantor pusat perusahaan di Mountain View, California, dan kantor-kantor besar di AS, Inggris, India, Brasil, dan tempat lain. Sementara itu, perusahaan ini juga telah membuka kembali 42 kantor di seluruh dunia, termasuk kantor-kantor kecil di negara-negara yang tidak terlalu terkena dampak pandemi, seperti Australia, Yunani, dan Thailand.

Pichai menetapkan kerangka waktu bekerja jarak jauh secara lebih spesifik untuk memberi kepastian kepada karyawan berapa lama mereka akan bekerja dari rumah.

Google juga menjadi salah satu perusahaan besar pertama yang merekomendasikan karyawan bekerja dari rumah pada awal Maret untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Perusahaan sebelumnya mensyaratkan, pekerja dengan pertimbangan khusus, seperti pekerja yang merawat anggota keluarga, akan diberikan lebih banyak waktu bekerja dari rumah hingga kantor dibuka kembali.

Facebook, Twitter dan Square telah mengumumkan rencana yang memungkinkan karyawan untuk terus bekerja jarak jauh tanpa batas waktu.

Selang beberapa waktu, Twitter mengumumkan pada awal Mei, karyawan dapat bekerja dari rumah “selamanya” jika mereka mau, bahkan setelah risiko pandemi Covid-19 mereda. Tak lama setelah itu, Facebook mengumumkan karyawan yang memenuhi syarat dapat meminta pengaturan kerja jarak jauh secara permanen.

CEO Facebook Mark Zuckerberg memperkirakan setengah dari manajemen akan terus bekerja dari jarak jauh dalam 5 hingga 10 tahun ke depan. Sedangkan, 2 perusahaan besar lainnya, Amazon dan Apple telah meminta para pekerja untuk kembali bekerja ke kantor pada Januari 2021.

***
Editor: Candra Gunawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin