Home Kepulauan Riau Batam Batam Jadi Primadona Investasi, Ini Alasannya

Batam Jadi Primadona Investasi, Ini Alasannya

27
Wali Kota Batam Muhammad Rudi berbincang dengan Konsul Amerika Serikat Wilayah Sumatera Gordon S Church, Rabu (6/10/21). (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Batam menjadi primadona investasi. Hal itu diakui oleh Konsul Amerika Serikat Wilayah Sumatera Gordon S Church saat berkunjung ke Kantor Wali Kota Batam, Rabu (6/10/21).

Dalam kunjungan perdananya itu, Gordon mengaku terkesan dengan Batam. Gordon di hadapan Wali Kota Batam dan beberapa pejabat Batam yang ikut hadir dalam pertemuan tersebut.


“Saya salut dengan Batam,” kata Gordon.

Baca Juga:

Keduanya pun terlibat pembicaraan mengenai banyak ragam. Mulai dari investasi, penanganan Covid-19 hingga keamanan maupun kenyamanan serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Terkait investasi, Gordon sempat menanyakan apa yang membuat Batam menjadi daerah primadona para investor menanamkan modalnya di Batam. Seperti diketahui, iklim investasi asing di Batam tidak terlalu terganggu walau kini sedang pandemi covid-19.

Mendengar pertanyaan itu, Rudi mengatakan lokasi Batam lah yang sesungguhnya sangat strategis.

“Kemudian, daerah ini menjadi perhatian pusat, maka diberi wewenang perizinan yang selesai hanya cukup di sini, tak perlu ke pusat,” terang Rudi.

Selain itu, dualisme antara Pemerintah Kota (Pemko) Batam dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam juga telah usai, pasca keputusan kedua lembaga ini dipimpin secara ex officio oleh Wali Kota Batam.

“Karena sudah satu pemimpinnya, proses perizinan semakin mudah,” tambah dia.

Saat ini investor Amerika pun ada di Batam. Ke depan Rudi berharap investor dari Negeri Paman Sam akan bertambah banyak.

Dari data yang ada, investor terbanyak di Batam saat ini berasal dari Singapura, Malaysia, Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang dan negara-negara lainnya.

Selain soal investasi, Rudi juga mengungkapkan terkait penanganan Covid-19 di Batam yang sangat bagus. Menurut dia jika semua pihak semakin konsisten menerapkan protokol kesehatan, maka Batam secara keseluruhan sangat mungkin untuk menjadi zona hijau.

“Selain iklim investasi yang relatif tidak terganggu, penanganan covid sangat baik dan sebenarnya kalau dilihat kita sudah penuhi level 1,” kata Rudi.

Kabar itu melegakan Gordon dan rombongannya. Dalam kesempatan itu dia juga mengungkapkan kerja sama Amerika Serikat dan Indonesia terkait penanganan Covid-19. Salah satunya Amerika Serikat mengirim bantuan vaksin untuk warga Indonesia.

Gordon juga mengatakan kerja sama lainnya yang belum lama ini dilaksanakan adalah kerja sama pusat pelatihan kemaritiman dengan Bakamla RI di Batam.

Baca Juga:

Dalam kesempatan itu Gordon mengatakan Amerika Serikat memiliki program Youth Exchange and Study, yakni beasiswa penuh US Department AFS-USA Exchanges Culture. Gordon mendorong lebih banyak pelajar Batam yang ikut program ini.

Rudi pun menyambut baik kesempatan tersebut. Dia mengatakan, terkait SDM di Batam, saat ini Pemko Batam juga menyediakan beasiswa bagi anak-anak lokal tempatan di Batam.

Turut hadir mendampingi Wali Kota Batam yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) Batam Jefridin Hamid, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Yusfa Hendri, Kepala Bapelitbangda Wan Darussalam, Kepala Dinas Kominfo Azril Apriansyah dan Kepala Disbudpar Batam Ardiwinata. (asrul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin