Home Kepulauan Riau Batam

3 PNS Pemko Batam Positif Corona, Ini Riwayat Perjalanan dan Kronologisnya

3524
Kronologi Warga Batam Positif Corona
Ilustrasi. Wali Kota Batam Muhammad Rudi didampingi Wakil Wali Kota Amsakar Achmad menyampaikan keterangan pers terkait pasien pertama positif Covid-19 di Batam Centre, Kamis (19/3/20) lalu. (F: barakata.id)

Barakata.id, Batam – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyatakan, ada tiga orang PNS Pemko Batam yang positif terpapar virus corona (Covid-19). Ketiganya adalah bagian dari 5 kasus baru positif Covid-19 di Batam.

Penambahan 5 kasus itu setelah hasil uji lab kelimanya diketahui pada hari ini, Kamis (9/4/10). Dengan tambahan ini, maka total jumlah pasien positif Covid-19 di Batam menjadi 10 orang dimana sebelumnya tiga pasien telah meninggal dunia.

“Hasilnya, diperoleh kesimpulan terdapat lima orang warga Kota Batam yang terdiri atas dua orang laki-laki dan tiga orang perempuan dengan hasil terkonfirmasi “positif”,” kata Rudi dalam keterangan pers yang diterima Barakata.id, Kamis (9/4/20) sore.

Baca Juga :
Pasien Positif Corona di Batam Tambah 5 Orang: 3 PNS, 1 Pensiunan, 1 Pelajar

Berikut gambaran umum, riwayat perjalanan dan kronologis dari
masing-masing lima pasien positif tersebut:

1. Kasus 06 adalah seorang anak laki-laki berusia 13 tahun, pelajar, beralamat di perumahan kawasan Batam Centre.

Pasien 06 ini adalah close contact
primer/kontak erat terdekat dengan kasus 04 yang merupakan ibu kandungnya.

Baca Juga :
Kamu Harus Tahu, Ini 4 Kelemahan Virus Corona

Pada saat ibunya dalam perawatan yang bersangkutan tinggal sendiri di rumah.
Sampai kakeknya datang untuk mendampinginya.

Ketika itu, pasien 06 ini sudah merasakan adanya gangguan kesehatan. Badannya terasa demam, ada muntah dan batuk ringan.

Kemudian oleh tim medis puskesmas setempat dilakukan pemeriksaan dan diberi obat.

Baca Juga :
Donasi Masyarakat ke Pemko Batam Tembus Rp18,1 Miliar

Pada tanggal 30 Maret 2020, ibunya (pasien 04) meninggal dunia. Setelah itu, mengingat pasien 06 ini dikategorikan sebagai close contact/kontak erat terdekat, maka ditetapkanlah sebagai ODP dan ditempatkan di Rusun Tanjunguncang Batuaji guna dilakukan observasi dan pemantauan kondisi kesehatannya.

Pada 1 April 2020, pukul 09.00 WIB dan pukul 12.00 WIB siang, pasien 06 dilakukan RDT, dengan hasil “Reaktif”. Dilanjutkan dengan pengambilan spesimen swab yang hasilnya belum dapat diperoleh pada saat itu.

Selama dalam pantauan petugas di tempat observasi Tanjunguncang, kondisi yang bersangkutan terlihat semakin membaik. Dan pada hari ini, Kamis (9/4/20), sample swabnya baru diterima dengan kesimpulan terkonfirmasi “Positif”.

Merujuk hasil swab tersebut, pasien 06 ini dirujuk untuk dilakukan perawatan yang lebih intensif di ruang isolasi/PIE RS Badan Pengusahaan (BP) Batam di Sekupang.

Kondisi pasien 06 hingga saat ini terpantau dalam keadaan “Stabil”

3 PNS Pemko Batam positif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin