Home Gaya Hiburan

Aktor Senior, Ian Holm Meninggal Dunia

82
Aktor Ian Holm meninggal. Sepanjang kariernya, aktor berkebangsaan Inggris ini menorehkan banyak prestasi. (F : Shutterstock)

Barakata.id – Ian Holm, bintang film senior yang malang melintang di industri film internasional meninggal dunia. Bintang film Lord of the Rings ini berpulang di usia 88 tahun. Holm meninggal di sebuah rumah sakit di London, Jumat (19/6/20).

Sepanjang kariernya, Holm telah membintangi 83 film layar lebar. Sebelumnya dia juga aktif bermain sebagai aktor di panggung teater. Holm mulai berkecimpung di layar lebar sejak tahun 1969. Film pertamanya berjudul The Bofors Gun dan film terakhirnya adalah The Hobbit.

“Sir Ian Holm CBE meninggal dengan tenang di rumah sakit, dengan keluarga dan perawatnya,” ujar perwakilan agen Holm dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari laman E!News.

Baca Juga:
Musisi The Rollies, Benny Likumahuwa Meninggal Dunia

Pernyataan itu menyebutkan Holm mengidap penyakit parkinson. Ucapan belasungkawa pun membanjiri media sosial untuk aktor tersebut.

“Kami sangat sedih mendengar kabar meninggalnya Ian Holme. Dinominasikan untuk 6 BAFTA dalam karier yang panjang dan sukses di televisi maupun film. Dia memenangkan Aktor Pendukung untuk perannya dalam film Chariots Of Fire tahun 1981,” tulis akun Twitter BAFTA.

Aktor berkebangsaan Inggris ini juga pernah menerima nominasi Piala Oscar. Dia masuk nominasi untuk kategori Aktor Pendukung Terbaik dalam karyanya Chariots of Fire.

Di tahun 1967, Holm memenangkan Tony Award berkat perannya di The Homecoming. Holm juga dinominasikan dua piala Emmy Awards sepanjang kariernya.

Baca Juga:
Aktor Bollywood Sushant Singh Rajput Bunuh Diri

Di tahun 2004, Holm memenangkan Screen Actors Guild Award bersama para lawan mainnya di Lord of The Rings untuk penghargaan Outstanding Performance oleh Cast in a Motion Picture. Holm berperan sebagai Bilbo Baggins dalam film tersebut.

Dilansir dari The Guardian, awal bulan ini Holm menyatakan kesedihannya karena tak dapat berpartisipasi dalam reuni virtual untuk film The Hobbit.

“Saya menyesal tidak melihat Anda secara langsung, saya merindukan kalian semua dan berharap petualangan Anda telah membawa Anda ke banyak tempat, Saya terkunci di rumah hobbit saya,” kata Holm.

Kepergian Holm meninggalkan duka bagi para penggemarnya. Dia meninggalkan dua istrinya Sophie de Stempel, dan aktor Penelope Wilton. Serta lima anak dari hubungan dengan dua istri sebelumnya.

****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin