Home Kepulauan Riau Batam

Tagihan Listrik Mencekik, LSM LIRA Kepri Adukan PLN Batam ke BPSK

176
LIRA Kepri
Rapat tim khusus LIRA Kepri untuk persiapan mengadukan pihak bright PLN Batam ke BPSK Batam. (F: barakata.id/AlI mhd)

Barakata.id, Batam – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Provinsi Kepri segera melayangkan surat pengaduan melalui Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Batam, terkait kenaikan tagihan pembayaran listrik oleh Bright PLN Batam ke konsumen yang sangat mencekik.

Gubernur LIRA Kepri Muhammad Nur mengatakan, pihaknya sudah membentuk tim khusus untuk melakukan investigasi sekaligus inventarisir konsumen yang merasa sangat dirugikan atas tagihan pembayaran listrik oleh bright PLN Batam tersebut.

“Kita sudah membentuk tim khusus. Tim ini terdiri dari 5 orang anggota dan satu orang sebagai koordinator. Mereka nantinya bekerja secara profesional dan proporsional untuk kepentingan masyarakat sebagai konsumen yang dirugikan,” kata M Nur di Batam, Kamis (11/6/20).

Baca Juga :
LSM LIRA Kepri Berikan Sembako pada Warga Terdampak Corona

M Nur mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi atas langkah cepat yang dilakukan oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi terkait masalah ini. Menurutnya, kebijakan bahwa masyarakat dapat mencicil pembayaran atas kenaikan tagihan listrik selama 9 bulan merupakan langkah positif.

” LIRA Kepri mengapresiasi langkah Pak Wali Kota Batam tersebut. Tapi yang dilakukan LIRA Kepri ini, mempertanyakan ke pihak bright PLN Batam terkait lonjakan kenaikan tagihan hingga mencapai 100 persen di tengah wabah Covid-19 ini,” kata dia.

Baca Juga :
Rudi Liburkan Sekolah di Batam, Gubernur LIRA Kepri: Kita Dukung Penuh

Di tempat yang sama, Koordinator LIRA Menggugat, Mahyudin mengatakan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan draf serta dokumen ataupun bukti -bukti pendukung lainnya sebelum melayangkan aduan ke BPSK.

“Respon masyarakat luar biasa ketika LIRA Kepri akan memperjuangkan hak-hak masyarakat sebagai pihak yang dirugikan. Insyaallah dalam waktu dekat kita masukkan aduan kami,” pungkasnya.

Seperti diketahui, tagihan listrik pelanggan PLN Batam untuk bulan Mei melonjak tajam dengan kenaikan bervariasi mulai Rp200.000 sampai Rp600.000. Melonjaknya tagihan itu membuat pelanggan menjerit, apalagi saat ini perekonomian sedang sulit dampak dari mewabahnya virus corona.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin