Home Kepulauan Riau TINGKATKAN GAIRAH EKONOMI PULAU PENYENGAT, WALI KOTA TANJUNGPINANG AJAK KEPALA OPD MENGINAP...

TINGKATKAN GAIRAH EKONOMI PULAU PENYENGAT, WALI KOTA TANJUNGPINANG AJAK KEPALA OPD MENGINAP DI PENYENGAT

Ikuti kami di Google Berita

ADVETORIAL

Dalam rangka promosi wisata Tanjungpinang sekaligus mendukung sektor ekonomi, mengambil momen menyambut bulan suci ramadhan 1442 H, Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP bersama seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Tanjungpinang membuat kegiatan menginap satu malam di Pulau Penyengat, Sabtu (9/4).

Dalam kesempatan itu rombongan juga melaksanakan Dzikir bersama di Masjid Raya Sultan Riau Penyengat menyambut bulan suci Ramadhan. Setelah melaksanakan sholat maghrib berjamaah dengan masyarakat pulau Penyengat, Rahma menyampaikan bahwa tujuan kedatangannya bersama seluruh keluarga besar Pemerintah Kota Tanjungpinang adalah selain untuk bersilaturahmi bersama tokoh agama dan seluruh masyarakat Pulau Penyengat, sekaligus untuk mempromosikan wisata pulau Penyengat yang kental dengan budaya melayu, serta turut serta mempromosikan fasilitas homestay yang tersedia, juga kuliner khas daerah.

“Alhamdulillah niat kami untuk bermalam di Pulau Penyengat dapat terlaksana dan dapat dilakukan 2 hari sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Tentunya ini merupakan pengalaman pertama bagi kami karena bisa dihadiri oleh seluruh Kepala OPD, dan dapat melaksanakan zikir bersama di masjid yang bersejarah ini. Mudah-mudahan dengan kehadiran kami bermalam disini dapat berbaur bersama masyarakat setempat dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Penyengat,” ujar Rahma.

Rahma menyampaikan setelah kepala OPD yang menginap semalam di penyengat, akan dijadwalkan juga para Kabag, Camat dan Lurah dan kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Panitia penyelenggara telah menyiapkan rangkaian kegiatan yang disisi dengan pergelaran penampilan kesenian di panggung balai kelurahan, serta pada Minggu pagi digelar jalan santai yang dimulai dari depan Masjid Raja Sultan Riau hingga ke Balai Adat.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Pulau Penyengat untuk berpartisipasi mengikuti rangkaian kegiatan, baik malam kesenian maupun jalan santai bersama. kami sudah siapkan doorprize berupa barang dan hadiah utamanya adalah voucher menginap di Lagoi. semoga kegiatan ini diberi kelancaran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan kita berdoa agar diberkahi oleh Allah SWT,” ucap Rahma yang aminkan oleh seluruh jamaah.

Salah seorang warga Pulau Penyengat, Muhammad Zulfikar sangat berbangga dengan kehadiran Walikota dan seluruh Kepala OPD untuk menginap di Pulau Penyengat.

“Kami sangat senang atas kesudian untuk menginap satu malam di Pulau Penyengat. Kegiatan seperti ini dapat menjadi ajang promosi wisata yang ada, juga memberdayakan pemilik homestay dan pelaku usaha lainnya di Pulau Penyengat. Semoga setelah kunjungan ini, wisata pulau Penyengat lebih dilirik oleh wisatawan dan perekonomian semakin meningkat,” ungkap Zul.

*)65 Juta Perputaran Uang dalam Semalam di Penyengat

Ada yang berbeda pada kegiatan wisata semalam di Penyengat yang diinisiasi oleh Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP. Rahma mengikutsertakan seluruh kepala OPD untuk bersama menginap, meramaikan dan mensukseskan program mempromosikan wisata pulau Penyengat yang kental dengan budaya melayu, dengan turut serta mempromosikan fasilitas homestay, juga kuliner makanan khas daerah.

Tampak kekompakan seluruh keluarga besar Pemko Tanjungpinang yang berbaur bersama masyarakat pulau Penyengat. Setelah pada hari sebelumnya (sabtu,10/4), rombongan telah melaksanakan dzikir dan doa bersama menyambut bulan suci Ramadhan bersama tokoh masyarakat dan masyarakat setempat, dilanjutkan dengan pertunjukan kesenian daerah melayu di balai kelurahan.

Pada hari ke-dua ini, Minggu (11/4), kegiatan dimulai dengan kegiatan sholat subuh berjamaah di Masjid Sultan Riau Penyengat. Setelah mendengarkan ceramah agama ba’da sholat subuh, rombongan bersiap diri melaksanakan kegiatan jalan pagi dari balai kelurahan sampai balai adat yang lebih kurang berjarak 2kilometer.


Rahma bersama Kepala OPD yang telah menginap semalam di HomeStay pulau bersejarah itu, semangat mengikuti jalan santai bersama warga Pulau Penyengat. Rahma mengatakan sangat senang berbaur bersama masyarakat Pulau Penyengat, tak ada perbedaan perlakuan antara Walikota, Kepala OPD dan Warga, semua berbaur menjadi satu.

Selama perjalanan, rombongan disuguhkan dengan wisata religi dan menyempatkan berziarah ke makam leluhur. Rombongan berhenti untuk memanjatkan doa kepada para pejuang yang telah berjasa bagi kemerdekaan. Tampak wajah bahagia dari seluruh kepala OPD yang mengikuti rangkaian kegiatan selama di Penyengat. Ini merupakan momen rekreasi dengan rekan kerja yang baru pertama kali terlaksana. Melihat kekompakan pegawainya, Rahma berharap kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan dan selanjutnya Rahma akan mengajak dan menjadwalkan bagi para Kabag, Camat dan Lurah dengan kegiatan serupa.

“Selain berwisata, keberadaan kami untuk mempromosikan wisata pulau penyengat juga meningkatkan perekonomian bagi pelaku UMKM disini. Kita akan geliatkan kembali pariwisata religi di Pulau Penyengat ini. Pemko akan buat agenda tahunan seperti ini, dengan tujuan untuk mendorong wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Penyengat, dan menikmati fasilitas Homestay yang tersedia”, Ucap Rahma disela jalan santai menuju Balai Adat.

Selain meningkatkan pariwisata, Rahma juga ingin perputaran perekonomian dipulau Penyengat ini dapat terlaksana dengan baik. “Dengan hadirnya kami di Pulau Penyengat ini, setidaknya 65juta rupiah perputaran uang di Pulau Penyengat. Dengan hasil kesepakatan per OPD menyumbang 1,5jt rupiah untuk biaya sewa Homestay, biaya transportasi dan akomodasi, makan minum, mengikuti pelatihan tanjak sekaligus untuk souvenir yang dapat dibawa pulang, hingga berbelanja buah tangan di Pulau Penyengat. Kami harap perekonomian dapat terus meningkat jika hal serupa kita laksanakan kembali di Pulau Bersejarah ini”, Ungkap Rahma.

Setelah tiba di Garis Finis, Rahma beserta Kepala OPD dan Warga beristirahat sejenak untuk melepas lelah. Setelah itu dilanjutkan pencabutan Kupon Doorprize yang diperuntukkan khusus warga Pulau Penyengat, dengan beragam hadiah serta hadiah utama yaitu Voucher menginap di Hotel berbintang di Lagoi. Kemudian dilanjutkan dengan sarapan bersama dengan makanan berhidang menu khas daerah di balai adat.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan wisata edukasi perkenalan berbagai macam tanjak warisan tradisi dan pelatihan membuat tanjak oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) kelurahan Penyengat. Para kepala OPD mencoba mempraktekkan membuat tanjak yang kemudian hasilnya dipakai oleh masing-masing sampai menuju homestay untuk persiapan pulang.***

SebelumnyaPasca Gempa Malang, Kodim 0808/Blitar dan Yonif 511 Bergerak Cepat Bantu Warga Terdampak
SelanjutnyaPBB Berkibar di Blitar, Walikota Blitar Minta Bumikan Semangat Bung Karno

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin