Home Warta Tekno Situs Badan Siber dan Sandi Negara Diretas Hacker Brasil

Situs Badan Siber dan Sandi Negara Diretas Hacker Brasil

pusat malware nasional bssn diretas hacker
Situs Pusmanas BSSN tak bisa diakses. Foto: Istimewa
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Tekno – Website milik Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN diretas. Peretasan dilakukan di laman pusmanas.bssn.go.id pada Rabu 25 Oktober 2021.

Halaman muka atau defacement situs tersebut mengalami perubahan. Senin (25/10/2021) pukul 18.30 WIB, belum dapat diakses oleh publik. Situs resmi lembaga pemerintahan itu menjadi sasaran serangan siber yang diketahui dari salah satu unggahan oleh akun twitter @son1x777.

Dalam unggahan tersebut dituliskan telah di-hack alias diretas oleh ‘theMx0nday’. “Dituliskan oleh pelaku deface bahwa aksi ini dilakukan untuk membalas pelaku yang diduga dari Indonesia yang telah meretas website negara Brasil,” kata Pratama dalam keterangannya, Senin, 25 Oktober 2021.

Dalam keterangannya pada Senin (25/10), pakar keamanan siber Pratama Persadha menjelaskan bahwa serangan tersebut diunggah pada hari rabu 20 oktober oleh akun twitter @son1x777. Di unggahan tersebut dituliskan telah di hack oleh “theMx0nday”.

Baca juga : Kasus kebocoran data, Kini Giliran Komisi Perlindungan Anak Indonesia Jadi Korban Hacker

Dalam tangkapan layar laman BSSN yang beredar, terdapat tulisan “NSA da indonesia pwenetada KKKKKKKKKKKK sonx was here 3:) this deface is a response to lamers from indonesia who hack brazilian sites”.

“Deface ini merupakan respons terhadap hacker dari Indonesia yang meretas situs Brazilian. Lihat betapa mudahnya meniduri negaramu yang kacau,” tulis akun Twitter @son1x777 pada Rabu (20/10).

Dikutip dari CNBC Indonesia terkait peretasan ini, Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Anton Setiawan mengakui situs Pusat Malware Nasional milik badan tersebut telah diretas hacker. Peretasan dilakukan pada halaman muka atau defacement.

“Ya Benar (diretas). Saat ini penanganan situs tersebut telah dilakukan oleh Tim CSIRT BSSN, dikarenakan situs tersebut berisi data-data mengenai repositori malware,” ungkapnya dalam pesan singkat kepada CNBC Indonesia, Senin (25/10/2021).

Baca juga : Peretas Website Kejaksaan RI, Ternyata Seorang Siswa MAN di Palembang

Saat ditanya soal pelaku, Anton mengatakan indikasi berasal dari Brasil. Namun dia menambahkan pihaknya sedang melakukan penelusuran lagi atas indikasi tersebut. Sebab menurutnya di ruang siber siapa saja bisa mengaku-ngaku.

Pada Senin pagi diketahui situs Pusat Malware Nasional bernama pusmanasbssn.go.id diserang hacker menggunakan teknik defacement berupa perubahan halaman muka.

Muncul tampilan bertuliskan “Hacked by theMxonday”. Disebutkan aksi ini sebagai balasan terhadap hacker Indonesia yang telah meretas situs Brasil.

Selain itu hacker juga menampilkan pernyataan berupa hinaan dan betapa mudahnya aksi peretasan ini dilakukan.

Berdasarkan penelusuran, @son1x777 mengatakan dirinya salah satu member dari grup hacker theMx0nday.
Namun ia tidak memberikan keterangan lebih lanjut terkait situs milik Pemerintah Brasil yang telah diretas oleh hacker Indonesia.

lama situs pusmanas.bssn.go
Laman Pusmanas BSSN tak bisa diakses. Foto: Istimewa

Sementara pantauan barakata.id di laman pusmanas.bssn.go.id hingga pukul 21.40 WIB, masih belum dapat diakses. Namun akses ke laman BSSN.go.id lancar tidak ada masalah. (pol)

SebelumnyaPolda Jatim Grebek Kantor Pinjol Ilegal di Surabaya dan Sidoarjo
SelanjutnyaSepak Takraw di Batam Disiapkan Jadi Sport Tourism

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin