Warta Kepulauan Riau Semarak Hari Jadi Batam, dari Atraksi Udara F-16 hingga Kenduri Seni Melayu

Semarak Hari Jadi Batam, dari Atraksi Udara F-16 hingga Kenduri Seni Melayu

37
Ilustrasi. Salah satu tradisi Melayu yakni gasing dimainkan anak-anak Batam pada event Kenduri Seni Melayu 2018 lalu. (F: Humas Pemko Batam)

Barakata.id, Batam – Hari Jadi ke-190 Kota Batam akan diperingati pada Desember 2019 nanti. Pemerintah daerah telah menyiapkan berbagai acara untuk menyemarakkan pesta ulang tahun kota itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin mengatakan, acara-acara yang disiapkan untuk mengisi perayaan Hari Jadi Batam tahun ini tak jauh beda dengan tahun sebelumnya. Yang jelas, seluruh kegiatan ditujukan untuk menghibur masyarakat, sekaligus menarik minat wisatawan agar datang ke Batam.

Baca Juga : Pertama Kali, Batam Raih Predikat Kota Sehat

Rangkaian kegiatan dimulai dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) atau Masjid Agung II Batam pada 8 November 2019.

Kemudian dilanjutkan dengan dengan lomba-lomba bersempena HUT ke-48 Korpri. Lalu pada 11-15 Desember nanti, akan diadakan International Batam Expo 2019.

“Pada kegiatan itu juga, nanti akan digelar Kenduri Seni Melayu (KSM). Pesertanya bukan hanya dari Batam atau Kepri tapi juga dari sejumlah negara tetangga,” kata Jefridin saat apel pegawai di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Batam, Senin (18/11/19).

Perayaan Hari Jadi Batam tahun ini juga bakal disemarakkan dengan atraksi udara dari TNI Angkatan Udara (AU), termasuk atraksi pesawat F-16.

“Ada pertunjukan aeromodelling. Juga pesawat F-16 akan dibawa melintas di langit kita ini,” kata Jefridin.

Sekda Kota Batam, Jefridin

Pemko Batam, lanjut Jefridin, juga akan melaksanakan Jalan Santai pada 15 Desember. Ia mengajak seluruh pegawai berpartisipasi dalam kegiatan itu.

“Jangan lupa, ajak juga keluarga, tetangga dan semua kenalan kita. Semakin banyak masyarakat yang ikut, banyak yang hadir, semakin bagus. Mari kita sebarkan informasi ini,” ujarnya.

Ketua Panitia Hari Jadi Batam, Yusfa Hendri sebelumnya mengatakan, peringatan Hari Jadi ke-190 Batam tahun ini juga akan diramaikan dengan ajang Batam Night Carnival yang akan dilangsungkan di Dataran Engku Hamidah, Jalan Raja Haji Fisabilillah.

“Sepanjang jalan depan Edukits itu sampai bundaran Madani akan dipasang lampu hias. Kita menggandeng paguyuban. Dan karena ini malam, kita minta peserta juga bisa menghias pakaian karnavalnya dengan lampu-lampu. Supaya lebih semarak,” ujarnya dilansir dari Media Centre Batam.

Baca Juga : Kenduri Seni Melayu Masuk 100 Kalender Pariwisata Nasional Lagi

Hari Jadi Kota Batam tahun ini mengusung tema “Batam Bersatu Menuju Indonesia Maju”.

Puncak acara akan berlangsung pada 18 Desember. Dengan kegiatan berupa upacara, tari jogi massal, fly fast pesawat tempur TNI AU, atraksi aerobatik RC plane, rapat paripurna istimewa, malam anugerah Batam madani, dan pesta rakyat.

*****

Penulis : Ali Mhd

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here