Home Kepulauan Riau Batam Pemrov Kepri Minta Ada Sentra Vaksinasi di Pelabuhan

Pemrov Kepri Minta Ada Sentra Vaksinasi di Pelabuhan

14
Sentra Vaksinasi di Pelabuhan
Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang. Pemrov Kepri meminta Pelindo membuka sentra vaksinasi di pelabuhan-pelabuhan demi menggesa vaksinasi terhadap masyarakat. (F: Twitter @Pelindo_1)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Kepulauan Riau- Pemerintah Provinsi (Pemrov) Kepri minta PT Pelindo menyiapkan sentra vaksinasi di pelabuhan.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Arif Fadillah mengatakan sentra vaksinasi di pelabuhan itu bertujuan mempercepat proses vaksinasi di Kepri.

Saat ini pihaknya memang tengah menggesa percepatan vaksinasi kepada masyarakat.

Baca Juga:

“Salah satu upaya kita, kita membuka centra-centra vaksin di beberapa tempat umum seperti mall, puskesmas, hingga pelabuhan,” kata Arif, dikutip dari kepriprov.go.id, Senin (14/6/21).

Centra vaksinasi yang ada di pelabuhan-pelabuhan ini menurut Arif dapat memudahkan masyarakat. Misalnya warga yang sedang menunggu keberangkatan dapat melakukan vakasinasi.

Arif mengaku pihaknya berharap masyarakat dapat divaksin semua. Sehingga ke dapat menciptakan herd immunity di kalangan masyarakat.

“Dengan begitu mungkin ke depannya jika semua telah divaksin, dapat menggunakan kartu vaksin saja daripada tes Covid-19,” ujar Arif.

Seperti diketahui, saat ini setiap keberangkatan menggunakan kapal yang melewati pelabuhan masih diwajibkan untuk melakukan tes Covid-19. Salah satu alternatif yang telah disediakan pemerintah adalah menggunakan tes GeNose.

Selain cara pengambilan sampel untuk dites lebih mudah, tes GeNose ini juga lebih terjangkau dari sisi harganya. Apalagi Pemrov Kepri telah mengusulkan penurunan harga dan disetujui oleh perusahaan Kimia Farma.

Baca Juga:

Jika sebelumnya tarif GeNose di Kepri sebesar Rp40.000, kini menjadi Rp30.000.

Pengecekan menggunakan GeNose C-19 ini diberlakukan di sejumlah pelabuhan di Kepri. Di antaranya adalah, Pelabuhan Punggur Batam, Pelabuhan RoRo Batam, Pelabuhan Sekupang Batam, Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, dan Pelabuhan Roro Tanjunguban Bintan.

***

Editor: Asrul R

Advertisement
SebelumnyaGandeng Seluruh OPD, Pemkot Blitar Upayakan Raih Gelar Kota Layak Anak Nindya
SelanjutnyaAnev Penanganan Covid-19, Wali Kota Blitar Apresiasi Kerja Sama Semua Pihak