Home Warta Ekonomi

Saham Softex Indonesia Dicaplok Kimberly-Clark, Dibeli USD1,2 Miliar

70
Softex Indonesia Kimberly-Clark
Kantor Kimberly-Clark di Amerika Serikat. (foto: glassdoor.com)

Barakata.id – Perusahaan pembuat tisu dan pokok asal Amerika Serikat, Kimberly-Clark Corp (KMB.N) berencana membeli produsen popok, Softex Indonesia senilai USD1,2 miliar lewat akuisisi.

Aksi korporasi itu berupa akuisisi pembelian saham dari pemegang saham termasuk CVC Capital Partners Asia Pacific. Langkah bisnis ini untuk memperluas gurita bisnis Kimberly-Clark di Asia Tenggara.

Kimberley-Clark dikenal sebagai perusahaan pembuat tisu toilet dengan merek Cottonelle, tisu wajah Kleenex, serta popok Huggies.

Dilansir Reuters, Kimberley mengatakan Softex akan membantu memperluas pangsa pasarnya di Indonesia seiring permintaan popok sekali pakai telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena pertumbuhan kelas menengah.

“Pasar popok di Indonesia saat ini diperkirakan mencapai USD1,6 miliar, terbesar keenam di dunia,” kata Kimberly-Clark.

Baca Juga:

Sekitar 80% dari penjualan tahunan Softex senilai USD420 juta berasal dari popok, sedangkan sisanya dari produk perawatan wanita dan dewasa.

Kimberly-Clark melihat lonjakan penjualan di Amerika Serikat karena lonjakan permintaan jaringan selama pandemi COVID-19. Mereka mengatakan akuisisi Softex tersebut tidak akan berdampak besar pada laba per saham yang disesuaikan pada tahun 2020 dan 2021.

Pembelian akan dibiayai melalui utang dan uang tunai.

Morgan Stanley & Co LLC dan Centerview Partners LLC ditunjuk sebagai penasihat keuangan, dan Gibson Dunn serta Crutcher LLP bertindak sebagai penasihat hukum untuk Kimberly-Clark atas kesepakatan yang diharapkan akan ditutup pada kuartal keempat tahun ini.

Editor: Gunawan
Sumber: Reuters

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin