Home Kepulauan Riau Batam Raker II PGRI Batam, Guru Diminta Siapkan Generasi untuk 24 Tahun Mendatang

Raker II PGRI Batam, Guru Diminta Siapkan Generasi untuk 24 Tahun Mendatang

Raker II PGRI Batam
II PGRI Kota Batam di Hotel Vista, Rabu (27/10/21). Pada kesempatan itu Wali Kota Batam Muhammad Rudi meminta para guru untuk menyiapkan generasi muda demi Indonesia Emas 2045. (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Wali Kota Batam Muhammad Rudi meminta para guru untuk menyiapkan generasi muda yang mumpuni. Sehingga dapat menyongsong Indonesia Emas 2045.

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri Rapat Kerja (Raker) II PGRI Kota Batam di Hotel Vista, Rabu (27/10/21). Pada kesempatan itu Rudi mengungkapkan korelasi penting antara pendidikan dan ekonomi.

Menurut Rudi, kedua hal tersebut harus jalan. Ekonomi harus terus dibangun, pendidikan juga harus diperhatikan. Keduanya memiliki kaitan yang erat. Ekonomi hendaknya didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni.

Baca Juga: 

Untuk menciptakan SDM yang mumpuni itu, tentu menjadi tugas bersama, khususnya para guru untuk menyiapkanya dari sekarang.

“Jangan sampai ke depan anak-anak kita protes, kok guru dan wali kota tidak siapkan dari dulu. Maka dari itu saya sangat fokus akan hal ini,” ujar Rudi.

Rudi pun mendorong para guru memiliki wawasan yang luas. Termasuk juga wawasan mengenai dunia internasional. Hal itu mengingat Batam merupakan daerah yang letak geografisnya berdekatan dengan negara tetangga yang maju.

“Saya titip betul dan harus dilakukan. Kalau sistem belajar kita seperti hari ini terus, kita tak akan mampu menyaingi mereka yang sudah maju lebih dulu dari kita,” kata dia.

Dalam pembicaraannya dengan salah satu profesor, Rudi mendapat wawasan baru bahwa etos kerja bangsa Indonesia hanya sekitar 30-40 persen. Angka ini jauh dari negara lain seperti Jepang dan Korea Selatan yang mencapai 80 persen.

Motivasi seperti ini disampaikannya karena dia mengaku sayang dengan Kota Batam. Peran para guru melalui pengajaran kepada generasi muda menurutnya sangat penting.

Alasannya, semangat membangun Batam tak dapat dilakukan oleh hanya pemimpin daerah. Perlu keterlibatan semua pihak. Terutama kalangan pendidik.

Baca Juga:

“Kalau saya sendiri tak akan sempurna. Tapi kalau semuanya terlibat, saya kira akan tercapai,” katanya.

Menurutnya, SDM yang baik tentu akan mendukung perkembangan Batam menuju arah yang lebih maju. Apalagi saat ini Batam sedang bersemangat untuk dibangun.

“Kenapa ini dilakukan dan ekonomi saya kejar. Poinnya saya ingin sejahterakan masyarakat Kota Batam,” terangnya.(asrul)

SebelumnyaSukses Dongkrak Konsumsi Listrik, PLN Cetak Pendapatan Rp 204,65 Triliun hingga Kuartal III 2021
SelanjutnyaTerobosan Baru, Masjid Sultan Kini Punya Perpustakaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin