355 Rumah di Batam Dapat Bantuan Rp17,5 Juta dari Pusat

54
Ilustrasi. (F: REUTERS/Steve Marcus)

Barakata.id, Batam – Sebanyak 355 rumah di Kota Batam akan mendapat bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dari pemerintah pusat, tahun depan. Setiap rumah bakal menerima bantuan senilai Rp17,5 juta.

BSPS merupakan program bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Penyerahan bantuan yang sering disebut dengan “bedah rumah” tersebut ke daerah-daerah diberikan dalam bentuk Dana Alokasi Khusus (DAK).

Jumlah penerima BSPS di Batam tahun depan meningkat tajam dibanding tahun ini dan tahun sebelumnya. Meskipun nilai nominal yang didapat sama dengan tahun ini.

Baca Juga : Pemko Batam Kurangi Subsisi, Tarif Rusunawa Akan Naik

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan Kota Batam, Eryudhi Apriadi mengatakan, pada tahun 2018 Batam mendapat program BSPS untuk 198 unit rumah. Tiap rumah menerima Rp15 juta.

Sedangkan tahun 2019, jumlah penerima BSPS sebanyak 190 rumah tak layak huni. Dengan nilai bantuan Rp17,5 juta per rumah.

“Untuk tahun depan nilainya masih sama, Rp17,5 juta untuk masing-masing penerima bantuan,” katanya di Batam, kemarin.

Terkait penyebaran bantuan, menurut Eryudhi akan ditentukan kemudian. Berdasarkan hasil rapat, verifikasi, dan petunjuk teknis pengerjaan.

Baca Juga : Pasar Properti Batam Diyakini Melaju Usai Lebaran

Kementerian PUPR memang bertekad terus mengurangi jumlah rumah tidak layak huni di Indonesia, salah satunya melalui program BSPS. Dalam kurun 4 tahun (2015-2018), program BSPS telah meningkatkan menjadi rumah layak huni sebanyak 494.169 unit.

Tahun 2019, program BSPS ditargetkan dapat menjangkau sebanyak 206.500 unit rumah tidak layak huni melalui dua kegiatan yakni peningkatan kualitas rumah sebanyak 198.500 unit dan pembangunan baru 8.000 unit. Total anggaran program rumah swadaya dalam APBN 2019 sebesar Rp4,28 triliun.

“Program BSPS ini merupakan bukti nyata bahwa pemerintah hadir dalam penyediaan hunian yang layak bagi MBR. Kami harapkan melalui program BSPS ini dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman,” kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

*****

Penulis : Ali Mhd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here