Home Kepulauan Riau Batam

PNS Disbudpar Batam Kini Isi Absen Pakai Rekaman Wajah

61
Disbudpar Batam
Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata memantau penerapan daftar hadir pegawai menggunakan Face ID di lingkungan kantornya, Rabu (3/6/20). (F: barakata.id/ist)

Barakata.id, Batam – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam mengubah cara isi absen PNS. Jika sebelumnya para pegawai mengisi daftar hadir dengan fingerprint kini jadi face id.

Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata mengatakan, perubahan cara isi absen pegawai di lingkungan instansi yang dipimpinnya itu merupakan bagian dari persiapan penerapan tatanan hidup normal baru atau new normal.

Ia mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Batam saat ini memang terus berbenah menyambut new normal. Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun dituntut agar berinovasi.

Baca Juga :
New Normal Bukan Lomba Lari, Pemerintah Daerah Diminta Teliti

Di Kantor Wali Kota Batam misalnya, sejumlah fasilitas sudah disesuaikan. Fasilitas pendukung sudah ditambah seperti tempat mencuci tangan, tanda untuk menjaga jarak hingga pengecekan suhu tubuh saat masuk ke kantor pemerintahan ini.

“Dalam tatanan hidup normal baru ini, kita menggunakan absen face id,” kata Ardiwinata kepada barakata.id, Rabu (3/6/20).

Ia mengatakan, cara kerja face id ini adalah, pegawai akan menyetorkan muka di alat yang sudah terpasang. Hal itu akan terekam sebagai absen di masa new normal ini.

“Ini juga meminimalisir risiko terjangkit Covid-19, karena tak perlu menyentuh alat untuk absen,” kata dia.

Ardi mengatakan, selama ini absen pegawai dikakukan menggunakan fingerprint dan sempat diubah menggunakan absen manual.

“Kini, kita gunakan face id. Selain mudah direkap, juga meningkatkan disiplin pegawai,” kata Ardi.

Baca Juga :
Pariwisata Batam Siap Bangkit di Era New Normal

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin Hamid, juga melakukan pembenahan di sejumlah kantor pemerintahan. Salah satunya mengatur jumlah pengguna lift.

Di masa new normal ini, lift di Kantor Wali Kota Batam hanya digunakan untuk maksimal empat orang saja. Semua penggunanya diatur berdasarkan garis yang sudah dibuat.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin