Home Kepulauan Riau Batam Pelabuhan Batuampar Butuh Rp12 T untuk Penyempurnaan

Pelabuhan Batuampar Butuh Rp12 T untuk Penyempurnaan

85
Pelabuhan Batuampar
Kepala BP Batam yang juga menjabat Wali Kota Batam Muhammad Rudi. (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Pelabuhan Batuampar butuh Rp12 triliun untuk penyempurnaan pembangunan. Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi mengungkapkan saat ini pihaknya terus mencari perusahaan yang sanggup mengembangkan pelabuhan tersebut.

Sambil menunggu ada perusahaan yang bersedia, BP Batam tetao merevitalisasi pelabuhan tersebut secara bertahap. Beberapa kali BP Batam menjalin kerja sama dengan perusahaan pelat merah. Tapi hingga kini belum ada kejelasan.


“Untuk membangun pelabuhan ini menjadi sempurna, butuh Rp12 triliun. Tapi, belum ada perusahan masuk,” kata Rudi yang juga menjabat Wali Kota Batam ini, Jumat (6/8/21).

Baca Juga:

Rudi mengatakan, pihaknya membuka kesempatan bagi semua perusahaan yang sanggup mengembangkan Pelabuhan Batuampar.

“Kita sudah menjalin MoU dengan Pelindo II dan sampai sekarang belum ada perkembangan,” katanya.

Sambil menunggu perkembangan dari Pelindo II, BP Batam tahun ini akan mulai membangun terminal peti kemas atau kontainer yard seluas 6 hekatre.

Terminal peti kemas itu dibangun dua bagian. Pertama, seluas 4 hektare di bekas gudang Persero. Anggaran pembangunan tersebut mencapai Rp51 miliar.

Baca Juga:

Kedua, dibangun di lahan seluas 2 hektare dengan anggaran Rp13 miliar. Pembangunan di bagian kedua ini telah dimulai dan ditargetkan selesai tahun ini. Di lokasi ini juga akan dilakukan pendalaman alur.

Menurut Rudi, dengan dibangunnya Pelabuhan Batuampar, efek dominonya akan panjang, salah satunya menumbuhkan ekonomi Batam.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin