Home Gaya Kesehatan Manfaat Air Jahe untuk Tubuh, dari Cegah Pikun hingga Bikin Langsing

Manfaat Air Jahe untuk Tubuh, dari Cegah Pikun hingga Bikin Langsing

Manfaat Jahe
Foto ilustrasi. Minum air jahe bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Kesehatan – Jahe bukan hanya sekadar bagian dari bumbu masakan. Jahe juga bisa diolah sebagai teh herbal yang memberi manfaat untuk kesehatan tubuh.

Air jahe juga dapat diminum setiap hari. Selain meredakan mual, minum air jahe memberikan beragam manfaat seperti mencegah pikun.

Nah, kalau biasanya Anda memilih air putih, teh, susu atau kopi di pagi hari jelang melakukan aktivitas, cobalah beralih dengan minum air jahe. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 manfaat minum air jahe setiap hari:

BACA JUGA : Hai Bunda, Ini Cara Agar Anak Suka Makanan Sehat? Ajak Dia Nonton Video Masak

1. Menyehatkan pencernaan

Meminum air jahe dipercaya bisa menguatkan dan menyehatkan sistem pencernaan. Air jahe juga dapat mencegah sembelit hingga sakit perut.

Kamu bisa mencampurkan air jahe dengan jus lemon atau jus min. Kemudian tambahkan satu sendok madu. Bagi wanita yang sedang hamil, air campuran itu juga akan meredakan morning sickness.

2. Menurunkan berat badan

Rasa lapar dan keinginan untuk makan berlebihan dipicu oleh tingginya level gula darah dalam tubuh. Nah, dengan air jahe yang dikonsumsi dapat mengontrol gula darah sehingga bisa mengontrol keinginan makan.

Berdasarkan hasil sejumlah penelitian, air jahe yang kaya senyawa baik juga bisa mempercepat penyerapan lemak dalam tubuh. Bagi kamu yang ingin mendapatkan tubuh langsing, cara ini boleh dicoba.

3. Mencegah diabetes

Minum air jahe yang ditambahkan lemon, diyakini bisa menurunkan efek dari diabetes serta mengurangi risiko kerusakan ginjal.

4. Meredakan nyeri otot

Jika kamu sering merasa terlalu lelah usai berolahraga, cobalah minum air jahe. Banyak pakar kesehatan yang menganjurkannya karena air jahe juga bermanfaat untuk meredakan nyeri otot.

5. Meredakan sakit saat menstruasi

Tidak sedikit wanita yang mengalami nyeri bahkan sakit ketika sedang menstruasi. Untuk meredakan rasa sakit itu, kamu bisa mencoba minum air jahe setiap hari.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di Archives of Gynecology and Obstetrics pada 2015, jahe terbukti bisa menurunkan kram akibat haid. Kandungan anti-inflammatory dalam jahe berperan penting, dan bekerja seperti cara kerja obat nonstreroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDS) seperti Advil.

6. Melindungi dari pikun

Gejala pikun atau alzheimer pada manusia ternyata bisa dicegah dengan minum jahe setiap hari. Kenapa? karena jahe terbukti efektif untuk membantu melambatkan penurunan sel otak.

7. Menghaluskan rambut dan kulit

Jahe memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik, dan sangat membantu dalam proses penghalusan kulit dan rambut. Kandungan vitamin A dan C i di dalam jahe juga akan membuat tekstur rambut jadi lebih baik.

Bagaimana, tidak ada salahnya bukan kalau mulai sekarang kamu mencoba minum air jahe setiap hari. Rasanya nikmat, lho, apalagi jika diminum saat hangat suam.

*****

Editor : Yuri B Trisna

SebelumnyaTiga Pejabat Kepri Positif Covid-19, Bagaimana Gubernur?
SelanjutnyaIsrael Terus Bombardir Gaza, 42 Warga Sipil Tewas Termasuk 10 Anak-Anak

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin