Home Warta Arena

Hasil MotoGP Belanda 2019: Vinales Buntuti Marquez, Rossi Tercampak

105
Vinales memenangi balapan di MotoGP Belanda 2019. (F: Reuters/Piroschka Van De Wouw)

Batam – Balapan MotoGP 2019 di Sirkuit Assen, Belanda baru saja usai, Minggu (30/6/19). Hasilnya, pebalap Yamaha, Maverick Vinales berhasil mengalahkan pebalap Honda, Marc Marquez.

Di posisi ketiga, ada Fabio Quartararo dari Yamaha, disusul pebalap Ducati, Andrea Dovizioso di urutan keempat.

Sementara itu, bintang MotoGP, Valentino Rossi (Yamaha) lagi-lagi gagal melanjutkan balapan setelah tercampak keluar lintasan akibat terlibat kecelakaan dengan Takaaki Nakagami.

Jalannya balapan

Saat balapan dimulai, Alex Rins dan Joan Mir mengawalinya dengan sangat baik. Dua pebalap Suzuki itu memimpin balapan di posisi satu dan dua sampai pada tikungan pertama.

Di belakang mereka, ada Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. Sedangkan Marc Marquez yang start dari posisi empat sempat turun ke posisi lima.

Baca Juga : MotoGP 2019: Marc Marquez Kokoh di Puncak

Masuk ke lap kedua, Rins tiba-tiba terjatuh lantaran melakukan kesalahan sendiri di tikungan sembilan. Kemudian, kesalahan serupa dilakukan Joan Mir di tikungan 15.

Meski tidak sampai terjatuh, tapi posisi Mir langsung diambil alih Quartararo. Mir melorot hingga ke posisi empat di belakang Vinales dan Marquez.

Pada lap ketiga, Marquez tampil memukau dan sukses menyalip pebalap di depannya. Ia pun terus menekan Quartararo.

Sementara itu, jauh di belakang, Valentino Rossi yang pada balapan kali ini memulai start dari posisi 14, tampak terjatuh bersama motornya sampai ke luar lintasan di lap kelima. Ia terlibat kecelakaan bersama Takaaki Nakagami.

Aksi saling salip ditunjukkan Quartararo dan Marquez. Kedua pebalap itu sempat beberapa kali bertukar posisi.

Vinales pun tak.mau ketinggalan. Ia terus menekan keduanya, terutama Marquez.

Sayang, bukannya memperlebar jarak dengan Marquez dan Vinales, di lap ke-11 Quartararo malah gagal menguasai motornya. Marquez dengan cepat mengambil alih pimpinan balapan.

Balapan MotoGP Belanda 2019. (F: Reuters/Piroschka Van De Wouw)

Namun, Marquez tak bisa lama-lama di posisi satu. Masuk lap ke-12 di tikungan pertama, Quartararo kembali menyalipnya.

Di lap ke-14, Vinales melesat melewati Marquez dan Quartararo. Aksinya kemudian diikuti Marquez yang merebut posisi kedua dari Quartararo.

Marquez bahkan sempat memimpin balapan setelah Vinales melenceng dari trek pada lap ke-18. Ia sempat unggul 0,4 detik dari pebalap Yamaha itu.

Tapi Vinales tidak mau kalah begitu saja. Ia kembali mengambil alih balapan pada tikungan ke-12 pada lap yang sama. Sementara itu, Quartararo semakin jauh tertinggal.

Baca Juga : Klasemen MotoGP 2019, Marquez Tergusur dari Pucuk

Urutan posisi tak berubah hingga lap terakhir. Vinales pun berhasil naik podium di urutan teratas membuntuti Marquez dan Quartararo. Ia unggul catatan waktu satu detik atas Marquez.

Vinales tampak emosional begitu melewati garis finish. Maklum, ini adalah kali pertama ia juara setelah terakhir meraihnya di MotoGP Australia, 28 Oktober 2018 lalu.

Berikut hasil 5 besar MotoGP Belanda 2019:

1. Maverick Vinales, 40 menit 55,415 detik
2. Marc Marquez, +4.854
3. Fabio Quartararo, +9.738
4. Andrea Dovizioso, +14.147
5. Franco Morbidelli, +14.467

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin