Home Warta Arena

Klasemen MotoGP 2019, Marquez Tergusur dari Pucuk

257

Amerika Serikat – Klasemen MotoGP 2019 mengalami perubahan setelah MotoGP Amerika Serikat 2019 berakhir. Marc Marquez yang berada di puncak klasemen harus rela digusur oleh Andrea Dovizioso, Valentino Rossi, hingga Alex Rins.

Marquez sejatinya punya peluang untuk meraih kemenangan di MotoGP Amerika Serikat yang merupakan salah satu seri favoritnya. Namun pebalap Spanyol tersebut terjatuh ketika memimpin di depan.

Kegagalan Marquez seolah jadi berkah bagi pebalap lain. Andrea Dovizioso yang sejatinya cukup kesulitan di Austin akhirnya bisa melesat ke puncak klasemen setelah finis di posisi keempat dan meraih tambahan 13 poin.

Torehan 13 poin itu membuat Dovizioso kini mengoleksi 54 poin, unggul tiga angka dari Valentino Rossi yang mengumpulkan 20 poin dari Amerika Serikat berkat keberhasilan finis di posisi kedua.

Juara MotoGP Amerika Serikat, Alex Rins juga tak bisa diremehkan begitu saja dalam persaingan MotoGP 2019. Tambahan 25 poin dari seri ketiga musim ini tersebut menempatkan Rins di peringkat ketiga klasemen dengan koleksi 49 poin.

Valentino Rossi kini ada di posisi kedua klasemen MotoGP 2019. Rins memiliki keunggulan empat angka atas Marquez yang masih tertahan di angka 45 poin. Dengan demikian, empat pebalap teratas hanya dipisahkan jarak sembilan angka.

Di luar empat pebalap teratas, selisih poin cukup signifikan terlihat karena Danilo Petrucci yang ada di peringkat kelima baru mengumpulkan 30 angka.

Suzuki Puasa Podium 1

Gelaran MotoGP Amerika Serikat 2019 juga menandai berakhirnya puasa podium 1 bagi Team Suzuki. Akhir pekan kemarin, jadi capaian termanis Suzuki di musim baru 2019 ini karena mereka akhirnya bisa mencicipi podium pertama, setelah puasa selama 3 tahun.

Perolehan hasil terbaik itu turut menjadi debut Podium 1 yang pertama bagi Alex Rins, dan kedua bagi Team Suzuki Ecstar MotoGP sejak musim balap 2016 lalu.

Memulai balapan dari posisi start ke-7, Alex Rins dengan cepat memperbaiki posisinya hingga 5 besar pada putaran awal. Peluang podium makin terbuka setelah Marc Marquez harus tergelincir dari motornya dan menyudahi balapan lebih awal.

“Ini luar biasa! Saya kehabisan kata-kata, ketika melewati garis finish, semua perasaan campur aduk dalam waktu yang bersamaan,” komentar Rins.

Prestasi luar biasa di Amerika Serikat tersebut memberikan bukti bahwa Suzuki dapat tampil hebat dengan menciptakan pebalap-pebalap muda yang hebat dari nol.

Seri MotoGP 2019 berikutnya adalah MotoGP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit Jerez, 5 Mei mendatang.

Klasemen MotoGP 2019 usai seri MotoGP Amerika Serikat

1. Andrea Dovizioso 54 poin
2. Valentino Rossi 51 poin
3. Alex Rins 49 poin
4. Marc Marquez 45 poin
5. Danilo Petrucci 30 poin
6. Jack Miller 29 poin
7. Takaaki Nakagami 22 poin
8. Cal Crutchlow 19 poin

Sumber : CNN

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin