Home Gaya Film Gundala, Jagoan Lokal yang Punya Kekuatan Petir

Film Gundala, Jagoan Lokal yang Punya Kekuatan Petir

259
Film Gundala
Poster film Gundala. (F: YouTube)

Barakata.id, Film Gundala – Setelah puas dibombardir dengan film-film super hero bikininan Hollywood, tak lama lagi publik Tanah Air akan dapat menimkati “jagoan lokal” dalam film “Gundala” pada Agustus nanti. Cuplikan perdana film besutan Joko Anwar itu sudah dirilis di akun YouTube Screenplay Films.

Teaser berdurasi satu menit itu memperlihatkan beberapa cuplikan ketika karakter Sancaka (nama asli dari Gundala) ketika masih kecil. Ada suara laki-laki yang mengawali video ini sembari berbicara, “kalau orang lain tidak mau memperjuangkan keadilan, bukan berarti kita harus begitu juga kan, nak.”

Sepertinya, itu adalah suara ayah Sancaka yang bisa jadi menjadi pedoman hidup Sancaka ketika tumbuh dewasa. Belum lagi memang tagline film ini yang berbunyi “Negeri Ini Butuh Patriot”.

Dilihat dari konsep teaser dan beberapa adegan, tampaknya Gundala siap dikemas ke dalam kisah yang masih mengena dengan kehidupan sehari-hari, tentang seseorang yang mendapatkan kekuatan super berupa petir yang memiliki visi mulia: menegakkan keadilan di tengah kekerasan.

Diproduksi oleh Bumilangit Studios dan Legacy Pictures, karakter Gundala akan diperankan oleh Abimana Aryasatya. Film ini bakal menceritakan karakter pemuda yang dididik untuk selalu menegakkan keadilan dan mendapatkan kekuatan petir yang akan menuntunnya di jalan kebajikan.

Baca Juga : Lima Film Spesial Lebaran yang Siap Tayang

Namanya juga teaser, belum banyak yang diperlihatkan di dalamnya. Tapi paling tidak, penampakan kekuatan petir Gundala yang menggelegar itu sudah terlihat.

Alih-alih tersambar petir, Gundala malah menerima kekuatan itu ke dalam dirinya.
Dalam film ini, Joko Anwar turut merekrut deretan bintang film ternama Indonesia seperti Tara Basro, Rio Dewanto, Bront Palarae, dan Marissa Anita.

Gundala adalah karakter ikonis karya Hasmi yang pertama kali muncul di dalam komik fantasi “Gundala Putra Petir yang dirilis pada tahun 1969.

Karakter Gundala yang memiliki kekuatan petir itu terinspirasi dari tokoh legenda Jawa, Ki Ageng Sela yang konon dipercaya dapat menangkap petir.

Di dalam komik itu, Hasmi kerap menggambarkan kisah yang menggunakan latar kota Yogyakarta sebagai lokasi ceritanya. Gundala pun disebut sebagai salah satu karakter komik yang populer di Indonesia selain Si Buta dari Gua Hantu, Panji Tengkorak, dan Godam.

Penampakan kostum Gundala

Gundala dulu dan sekarang

Joko Anwar sebelumnya sudah membocorkan membocorkan cuplikan singkat film dan kostum karakter Gundala. Dilihat dari teaser perdananya, terungkap sejumlah pemain yang membintangi Gundala.

Ada Rio Dewanto yang sedang berbicara dengan anak kecil, yang dapat langsung dipahami itu adalah Sancaka kecil, nama asli Gundala.

Setelah itu, adegan langsung memperlihatkan kerusuhan di depan pabrik dan anak kecil yang terpaku menatap petir menyambar di hadapannya. Kemudian gambar ini langsung menyambung ke sosok lelaki yang juga menatap cahaya seperti petir dengan shot serupa.

Lelaki itu mengenakan baju sekuriti dengan nama Sancaka, sang Gundala, yang diperankan oleh Abimana Aryasatya. Video teaser ditutup dengan penampakan lelaki mengenakan topeng dan aksen sayap kecil di dekat kedua telinganya.

Baca Juga : Perjalanan Joker, Si Gila yang Menggoda

Hal tersebut telah dikonfirmasi dengan sendirinya oleh sang sutradara melalui cuitannya di Twitter.

“Sambutlah… Gundala,” kicaunya, sembari memamerkan poster dengan penampakan Gundala yang mirip seperti di dalam teaser.

Tentu saja Gundala disambut dengan heboh oleh para netizen. Netizen dengan nama pengguna @dianhardiansyah membalas postingan poster Joko dengan semangat.

“Marvel minggiiiirrrr… Gundala mau lewat…” cuitnya.

Poster film Gundala. (F: YouTube)

Yang mengaitkan dengan Marvel bukan cuma satu. Ada juga yang membandingkan Gundala dengan superhero lain seperti Spider-Man.

“Salut mas. Aku liat Gundalanya ga langsung pake kostum keren. Jadi kerasa banget ini origin story kayak Daredevil di Netflix atau Spider-Man di Homecoming. Ga sabar pengen nonton!” cuit nama akun @jevindony.

Ada juga yang memperhatikan detail kostum bagian kepala Gundala yang terasa sangat homemade alias bikin sendiri.

“Nyeleneh, tidak proper untuk kostum superhero, tapi itu yang bikin keren!!” cuit @MRFadlly.

“Penutup kepalanya dari kulit helm bogo. Kupingnya dari wing honda CB. Gundala = Retro Biker,” tulis pengguna akun @opebulao.

Ada juga netizen yang tidak sabar nonton karena sudah ngefans dengan komiknya sejak kecil, hingga meramalkan Gundala ini bakal mirip dengan karya Christopher Nolan.

“Wihhhhhh akhirnya komik masa kecil dulu bisa nampil di layar lebar… semoga CGI nya gak mengecewakan hehehehe,” cuit @miqa0912.

“Membayangkan Gundala. Ceritanya bakal mirip Batman-nya Christopher Nolan,” kicau akun dengan username @fuadmckenzie.

Buat kamu yang penasaran dengan film ini, silakan disimak cuplikannya berikut ini:

*****

Sumber : Uzone.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin