Home Kepulauan Riau

Bus Trans Batam Tetap Jalan Saat Lebaran, Jadwalnya Dimundurkan

85
Bus Trans Batam

Batam – Pemerintah Kota Batam tetap mengoperasikan bus Trans Batam saat Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijrah. Namun, jadwalnya dimundurkan dari jadwal hari biasa.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Rustam Effendi mengatakan, operasi bus Trans Batam mulai pukul 11.00 WIB. Hal itu untuk memberi kesempatan kepada operator, sopir pegawai lainnya merayakan Lebaran bersama keluarga.

“Mulai jalan jam sebelas, karena ada yang salat dulu, silaturahmi keluarga dan tetangga. Nanti beroperasinya tetap sampai malam,” kata Rustam Efendi di Sekupang, Jumat (31/5/19).

Menurut Rustam, perubahan jadwal ini hanya berlaku di hari H lebaran. Sedangkan operasional di hari berikutnya sudah berjalan normal, mulai pukul 06.00 WIB sampai 20.00 WIB untuk rute tertentu.

“Untuk libur Lebaran ini kita siapkan 13 armada bus. Semua rute ada, Nongsa, Sekupang, Batam Centre, Batuaji. Ada delapan koridor,” kata dia, seperti dikutip dari Media Center Batam.

Menurut Rustam, pada hari libur ini biasanya terjadi kenaikan jumlah penumpang. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pendapatan daerah dari Bus Trans Batam saat libur Lebaran akan naik 30 persen dibanding hari biasa.

“Biasa 6.000 bisa jadi 8.000 penumpang per hari. Banyak anak-anak remaja,” kata dia.

Utamakan Keselamatan Penumpang

Terpisah, Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengingatkan operator atau pelaksana angkutan umum untuk tetap memperhatikan keamanan serta keselamatan penumpang.

“Kami harap pelaksana angkutan umum harus menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang. Ini yang utama harus kita jaga,” katanya.

Baca Juga : Polda Kepri Kerahkan 4 Kapal Patroli Amankan Mudik Lebaran

Kepada warga Batam yang mudik Lebaran, Amsakar juga berpesan agar memastikan seluruh pintu dan jendela rumah yang ditinggalkan selama mudik dalam keadaan terkunci.

“Jangan beri kesempatan pada tindakan yang akan merugikan diri, warga, dan kita semua. Sebaiknya dititipkan kepada tetangga atau keamanan lingkungan perumahan, kita harus sama-sama menjaga,” ujarnya.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin