Home Kepulauan Riau

BP Batam Akan Kembangkan Mini Zoo di Taman Rusa

Mini Zoo
Kepala BP Batam Muhammad Rudi meninjau beberapa aset BP Batam, Taman Rusa salah satunya, Senin (25/1/21). (F: Humas BP Batam)
Banner Pemprov Kepri

Barakata.id- Badan Pengusahaan (BP) Batam akan mengembangkan konsep mini zoo di Taman Rusa Sekupang. Lahan seluas 12.286,6 hektare itu akan direnovasi dengan desain yang lebih modern.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala BP Batam Muhammad Rudi ketika mengunjungi sejumlah aset dan proyek BP Batam di kawasan Sekupang, Senin (25/1/21).

Sejumlah aset yang dikunjungi, antara lain Taman Rusa Sekupang, Taman Danau Teratai Sekupang, serta Pembangunan Jalan Kolektor dan Jembatan Kawasan Industri Sekupang Tahap 1.

Advertisement

Baca Juga:
Seru, NCF di Taman Rusa Diisi Bincang Santai Soal TCA

Taman Rusa sekupang telah dibangun sebagai destinasi wisata olahraga dan rekreasi dengan campuran konsep urban dan alam terbuka. Destinasi ini pun menarik wisatawan lokal dan mancanegara di Batam.

Rudi mengatakan di 2021 ini pihaknya sedang menyongsong pariwisata. Sehingga sembari menunggu vaksin selesai, destinasi wisata yang sudah ada akan dikembangkan. Diantaranya Taman Rusa dan Taman Danau Teratai Sekupang.

Rencananya Taman Rusa akan menyatu dengan Taman Danau Teratai Sekupang. Kedua tempat itu dihubungkan oleh jogging track yang akan dibangun di sekeliling kolam.

Tak hanya di Taman Rusa, BP Batam juga akan mengembangkan Taman Danau Teratai Sekupang. Diantaranya dengan memanfaatkan topografi eksisting dengan meminimalisir cut and fill. Sehingga pengunjung akan emdnapat akses visual yang baik ke arah danau.

Danau juga akan dibersihkan dari sampah dan tanaman eceng gondok. Hal itu untuk meningkatkan kualitas sanitasi dan keindahan danau tersebut.

Selain sebagai area publik terbuka hijau, taman tersebut menjadi salah satu catchment area yang berfungsi untuk menangkap air hujan yang kemudian diserap oleh tanah di sekitarnya.

“Saya datang ke sini untuk melihat langsung keadaan tempat wisata alam ini,” kata Rudi.

Baca Juga:
Akhir Pekan, Yuk Ikut Acara Seru Bareng Komunitas di Taman Rusa

Dia mengatakan, pengembangan tersebut sudah mulai dilakukan. Mulai dari proses perencanaan, desain, pelelangan, sudah dilaksanakan pada tahun ini.

“Kita berharap di tahun 2022 pekerjaan penataan Taman Danau Teratai Sekupang ini akan selesai,” ujarnya.

***

Editor: Asrul R

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin