Home Kepulauan Riau 3.605 Lansia di Kepri Sudah Divaksin Covid-19

3.605 Lansia di Kepri Sudah Divaksin Covid-19

27
Lansia Disuntik Vaksin
Ilustrasi. RSCM melakukan vaksinasi perdana untuk dokter dengan usia di atas 60 tahun, Senin (8/2/21).(F: Kemkes.go.id)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Tanjungpinang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri mencatat sebanyak 3.605 warga lansia (lannjut usia) di atas 60 tahun di Kepri sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis I.

Kepala Dinkes Kepri, Muh Bisri mengatakan, pada vaksinasi dosis I itu, dari 3.605 lansia yang sudah divaksin, sebagian besar berada di Kota Tanjungpinang yakni sebanyak 3.599 orang. Kemudian 39 lansia berada di Kota Batam.


Adapun persentase capaian vaksinasi untuk lansia di Kepri hingga 22 Maret 2021 baru mencapai 57,5persen. Sementara itu, untuk tenaga kesehatan capaian vaksinasi Covid-19 Dosis I dan II telah mencapai 92,5 persen.

BACA JUGA : Catat! Pertanyaan untuk Lansia Sebelum Divaksin Covid-19

“Dan capaian vaksinasi petugas publik pada dosis I mencapai 29,5 persen sedangkan dosis II baru mencapai 6,5 persen,” kata Bisri di Tanjungpinang, dilansir dari kominfo.kepriprov.go.id.

Untuk diketahui, warga lansia terutama yang berusia di atas 60 tahun menjadi salah satu sasaran dalam vaksinasi Covid-19 tahap kedua. Lansia ini diprioritaskan karena memiliki risiko lebih tinggi untuk menjadi fatal.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi M.Epid mengatakan ada sekitar 21 juta orang di Indonesia yang masuk kategori ini.

BACA JUGA : Vaksinasi Tahap II di Batam, Lansia dan Pelayan Publik Diprioritaskan

Prosedur vaksinasi untuk orang di atas usia 60 tahun ini berbeda dari vaksinasi pada umumnya.

“Penyuntikan vaksin Sinovac ini interval penyuntikan khusus lansia ini adalah 28 hari,” ujarnya. dikutip dari Covid-19.go.id.

Selain mengenai interval penyuntikan, tahapan lain yang diberlakukan sama. Suhunya mesti 37,5 derajat celcius ke bawah dan tekanan darahnya tak boleh lebih dari 190/110 mmHg.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin