Home Kuliner

Bahan Makanan Ini Tak Perlu Disimpan di Kulkas

54
Ilustrasi. Ternyata tak semua bahan makanan itu cocok di simpan di kulkas. Ada juga yang lebih baik di taruh di meja dapur. (F: drayala.com)

Barakata.id – Sejauh ini memang tak ada aturan baku dalam menyimpan bahan-bahan makanan. Namun berdasarkan pengalaman sehari-hari dan sifat bahan makanan, ada beberapa teori menyimpan bahan makanan yang benar. Selain rasa bahan makanan tersebut tetap terjaga, kondisinya juga awet dan tak cepat rusak.

Agar awet, kebanyakan orang menyimpan bahan makanan di kulkas. Tapi ternyata, tak semua bahan makanan cocok di simpan di kulkas. Beberapa diantaranya malah akan lebih awet jika disimpan di suhu ruang. Berikut ini bahan-bahan makanan yang tak perlu disimpan di kulkas. Dilansir dari ibupedia, bahan-bahan makanan ini cukup di simpan di meja dapur saja.

Roti

Di suhu ruang roti tanpa pengawet hanya bisa bertahan selama dua hingga tiga hari saja. Oleh karena itu, sebaiknya roti cepat dihabiskan setelah dibeli. Agar lebih awet dan tak mengering, letakkan roti dalam bread box. Bisa juga bungkus roti dalam alumunium foil atau plastik kedap.

Baca Juga:
4 Makanan yang Mempercepat Munculnya Uban

Jangan letakkan roti di kulkas, karena hal itu justru akan cepat mengubahnya menjadi keras. Selain teksturnya rusak, rasanya juga sudah tak enak lagi.

Mentega dan butter

Simpan mentega dan butter di suhu ruang supaya tak mengeras. Jangan simpan mentega dan butter di kulkas. Sebab teksturnya akan berubah menjadi keras. Hal itu menyulitkan jika akan menggunakannya. Saat akan membuat kue misalnya, Anda akan sangat tidak nyaman harus menunggu butter meleleh sebelum diaduk dengan telur.

Bawang

Aneka jenis bawang mulai dari bawang merah, bawang putih hingga bawang bombai sebaiknya disimpan di tempat sejuk dan kering. Bawang ini bisa bertahan hingga dua minggu di tempat penyimpanan yang tepat. Meski sama-sama harus diletakkan di suhu ruang, jangan simpan bawang di dekat kentang. Karena kentang mengeluarkan gas yang membuat bawang cepat membusuk.

Baca Juga:
Mencicip Lendot, Makanan Khas Melayu yang Melegenda

Jangan simpan bawang di kulkas. Sebab akan mempengaruhi rasa. Selain itu tetesan air yang kadang keluar mengembun di kulkas jika mengenai bawang akan mengakibatkan bawang cepat membusuk

Tomat

Bahan makanan yang satu ini memang agak sulit menyimpannya. Jika diletakkan di kulkas, tekstur dan aromanya akan berubah. Tapi jika diletakkan di atas meja dapur, tomat jadi cepat matang dan mudah busuk.

Sebaiknya memang tak usah terlalu banyak membeli tomat. Tidak perlu stok sampai banyak-banyak. Cukup untuk pemakaian beberapa kali saja agar tomat yang dikonsumsi selalu segar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin