Home Gaya

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Jualan di Instagram

72
Ilustrasi. Salah satu akun Instagram yang menawarkan produk minuman segar.

Barakata.id – Seperti halnya media sosial yang lain, Instagram saat ini juga sudah familiar menjadi tempat untuk berjualan. Mulai dari produk fesyen, makanan hingga jasa banyak ditawarkan di Instagram.

Namun tak semua jualan di Instagram itu menarik minat pembeli. Apa saja yang membuat promosi di media sosial itu kurang menarik? Dilansir dari Jumpseller, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika berjualan di Instagram.

1. Kualitas foto rendah

Media sosial yang satu ini memang fokus menampilkan foto. Sehingga ketika berjualan di Instagram, foto adalah daya tarik utama. Seseorang akan tertarik ketika melihat foto barang yang ditawarkan jelas. Lebih bagus jika foto yang ditampilkan tampak dari berbagai sisi.

Baca Juga:
5 Tips Mata Tetap Nyaman Seharian di depan Komputer

Hindari memajang foto seadanya atau kualitas fotonya rendah. Sebab calon pembeli butuh melihat detail produk yang ditawarkan.

2. Keterangan barang

Selain foto yang menarik, tampak dari segala sisi, calon pembeli juga perlu mengetahui secara detail keterangan barang atau produk yang dijual. Baik itu warnanya, ukuran hingga pritilan yang menyertainya. Kadang konsumen terkesan cerewet, ribet dan terlalu hati-hati. Penjual harus memaklumi itu, karena pembeli tentu ingin mendapatkan produk sesuai ekspektasinya dan tak mau salah beli.

3. Beli pengikut

Saat ini banyak jasa jual follower atau pengikut di Instagram. Harganya pun tak terlalu mahal. Sehingga mudah sekali bagi suatu akun untuk terlihat memiliki banyak pengikut.

Baca Juga:
Trik Nonton YouTube Tanpa Iklan

Meskipun begitu, jangan pernah beli pengikut. Sebab konsumen akan dengan gampang mengetahuinya. Jangan sampai penjual merusak kepercayaan calon pembeli. Untuk dapat bertransaksi dengan nyaman, tentu saja calon pembeli membutuhkan penjual yang dapat dipercaya.

4. Purna jual

Ketika terjadi transaksi dan barang sudah diterima pembeli, bukan berarti urusan telah selesai. Ada baiknya penjual memberikan layanan purna jual. Layanan purna jual adalah jasa yang ditawarkan kepada kosumen setelah transaksi penjualan. Tujuannya untuk memberikan jaminan mutu bagi produk yang ditawarkan.

5. Zona nyaman

Ada saatnya penjual mulai kewalahan melayani pembeli. Hal itu menunjukkan produk yang dijualnya diminati. Itu artinya kamu sudah harus memperluas toko. Keluar dari zona nyaman dan daftar ke marketplace. Akan banyak tantangan-tantangan baru di marketplace, dan itu mungkin akan membuat sakit kepala. Tapi kesempatan untuk mendapatkan konsumen yang banyak juga akan meningkatk.

****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin