Home Kepulauan Riau

AJI Batam Pilih Pengurus Baru di Konferta V

59

Batam – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Batam menggelar Konferensi Kota (Konferta) V di Greenland Hotel, Batam Center, Minggu (28/4/19). Konferta yang dihadiri puluhan anggotanya ini bakal memilih pengurus baru periode 2019.

Ketua AJI Batam, M Zuhri di pengantar pembukaan Konferta V AJI Batam mengatakan, jumlah anggota AJI Batam saat ini tercatat sekitar 33 orang. Jumlah itu banyak menurun dibanding tahun sebelumnya lantaran banyak anggota yang “hijrah” ke AJI Kota Tanjungpinang.

AJI Tanjungpinang merupakan pemekaran dari AJI Batam yang pada tahun 2017. Sejak AJI Tanjungpinang terbentuk, sejumlah anggota dan beberapa pengurus AJI Batam berpindah, karena faktor tugas dan domisili.

Salah satunya adalah Jailani. Sekretaris AJI Batam itu terpilih sebagai Ketua AJI Tanjungpinang. Zuhri sendiri mengemban tugas Ketua AJI Batam selama dua periode, mulai 2012-2015 dan 2015-2018.

Pada Konferta V, selain pemilihan ketua baru, juga akan diisi dengan laporan pertanggungjawaban kepengurusan era Zuhri. Juga akan membahas sejumlah isu terkait perkembangan media dan jurnalis.

Untuk pemilihan ketua, sejumlah nama calon sudah mencuat ke permukaan. Di antaranya, Widodo, Eliza Gusmeri, dan Anwar Sadat.

Konferta V AJI Batam juga dihadiri utusan AJI Pusat, AJI Tanjungpinang, dan sejumlah peninjau.

Untuk diketahui, AJI adalah organisasi profesi jurnalis yang didirikan oleh sejumlah wartawan muda Indonesia pada 7 Agustus 1994 di Bogor, Jawa Barat, melalui “Deklarasi Sirnagalih”.

Deklarasi ini ditandatangi oleh 57 jurnalis pada era Orde Baru. Beberapa anggotanya kemudian dipenjara karena deklarasi ini.

Pendirian AJI memanfaatkan momentum pembredelan tiga media nasional (DeTik, Tempo, dan Editor) oleh Rezim Orde Baru pada 2 Juni 1994. Pendirian AJI juga didorong oleh kesadaran bahwa organisasi profesi wartawan yang ada saat itu telah menjadi alat kepentingan pemerintahan Presiden Soeharto.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin