Home Kepulauan Riau Batam

Air ATB Akan Mati 2 Hari, Ini Wilayah yang Kena

10322
Penyusutan air ATB di waduk sumber air bersih di Batam
Penyusutan air di waduk sumber air bersih di Batam semakin parah. Kondisi itu membuat Pemerintah dan PT ATB melakukan rationing atau penggiliran suplai air ke pelanggan. (F: Dok. ATB)

Barakata.id, Batam – Pelanggan PT Adhya Tirta Batam (ATB) akan merasakan ganguan suplai air hingga mati air selama dua hari. Rencananya, rationing atau padam bergilir itu akan dimulai pada 15 Maret ini.

PT ATB sudah mengumumkan perihal water rationing tersebut. Polanya adalah 2-5 yang artinya, suplai air ke rumah-rumah pelanggan akan terhenti selama dua hari dan mengalir lima hari.

Baca Juga :
Siap-Siap, Air ATB Mati hingga Dua Hari

Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus mengatakan, saat ini kebutuhan air bersih di Kota Batam dipenuhi melalui 5 waduk milik pemerintah. Lima waduk itu adalah, Waduk Duriangkang, Mukakuning, Sei Harapan, Sei Ladi dan Nongsa.

Dari lima waduk tersebut, Waduk Duriangkang menopang 80 persen kebutuhan air bersih masyarakat di Kota Batam. Namun, saat ini air di Waduk Duriangkang yang menopang kebutuhan air 228.900 pelanggan, telah menyusut hingga level -3,14 meter di bawah bangunan pelimpah.

Maria mengatakan, jika air menyentuh level -3,4 meter di bawah bangunan pelimpah, maka IPA Tanjung Piayu dan pompa intake yang menyalurkan air dari waduk Duriangkang ke IPA Muka Kuning akan berhenti beroperasi.

Baca Juga :
Terkait Pengelolaan Air Batam, Ombudsman: Pelayanan ke Pelanggan Jangan Terganggu

Sementara bila air telah menyentuh level -5,0 meter, maka seluruh IPA Duriangkang dengan kapasitas 2.200 liter juga akan berhenti beroperasi. Pada akhirnya, akan ada 228.900 sambungan pelanggan yang tak akan mendapat pelayanan air bersih.

Perlu diketahui, saat ini level air di waduk konsisten mengalami penurunan sebesar 2 cm. Sementara, curah hujan di Batam sejak beberapa bulan belakangan sangat sedikit.

Karena kondisi itu, water rationing terpaksa dilakukan karena penyusutan volume air di lima waduk terutama di Duriangkang semakin parah.

Halaman selanjutnya, wilayah yang terkena mati air..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin