Home Gaya

15 Cara Tertawa Online di Dunia: Dari Wkwkwk, Olololo, Jajaja hingga 55555

272
Tertawa Online
Seorang pengguna ponsel tertawa saat membaca pesan di layar ponselnya. Setiap negara punya cara 'tertawa' saat mengekspresikan suasana dirinya ketika berbalas pesan online. (F: Getty Images)

Barakata.id, Batam – Bagi kamu yang sering “tertawa online” saat membalas pesan, tentu sudah akrab dengan tulisan ‘wkwkwk’, ‘hahaha’ atau ‘kikikik’. Tulisan-tulisan itu adalah cara seseorang mengekspresikan atau memberitahu bahwa ia sedang tertawa.

Jika kita di Indonesia populer dengan wkwkwk, bagaimana di negara lain? Ternyata, mereka onliners di belahan dunia lain juga punya cara ‘tertawa’ khas.

Bahkan, bentuk tawa mereka saat berkirim pesan dengan lawan online-nya tak kalah lucu dan unik dengan kita di Indonesia.

Baca Juga :
Membalas Pesan WhatsApp Tanpa Online, Begini Caranya

Melansir BBC Indonesia, Sabtu (29/2/29), berikut 15 cara ‘tertawa’ online yang populer. Dijamin, bisa bikin kamu ngakak!

1. Haha

Menurut Kamus Inggris Oxford, cara yang benar untuk mengekspresikan tawa dalam bahasa tulisan yang baku dalam bahasa Inggris yaitu ha ha atau Ha ha ha!

Tapi seperti yang kita lihat, berbalas pesan itu menyangkut kecepatan, kesederhanaan tulisan dan spontanitas – jadi Anda pasti lebih sering menerima dan mengirim kata haha singkat.

Jika ingin menambah rasa humor di dalamnya, katakanlah, Anda ingin terdengar sedikit congkak, Anda bisa mengetiknya menjadi hehe… meskipun mungkin hal itu akan membuat Anda kurang disukai.

2. Kkkkkk

Jika Anda ingin mengekspresikan tawa Anda dalam bahasa Portugis atau Korea, kkkkkk-lah istilah yang tepat.

Pengguna bahasa Portugis, terutama di Brasil. mengekspresikan bunyi tawa mereka dengan huruf k, yang dilafalkan sedikit seperti “kja”.

Jika Anda tertawa terbahak-bahak di dunia maya, Anda perlu kkkkkk – meski beberapa orang mungkin juga menulis rsrsrs, singkatan kata risos (tawa).

Bahasa Korea mungkin punya sedikit kesamaan dengan bahasa Portugis, kecuali untuk ekspresi terkekeh alias ㅋㅋㅋㅋㅋㅋ.

Ternyata, bunyi k atau ㅋ dalam bahasa Korea merupakan konsonan velar – huruf-huruf yang diucapkan dengan pangkal lidah menyentuk langit-langit lunak di bagian paling belakang mulut – yang menciptakan suara terdekat dengan tawa.

Mungkin pertanda baik bahwa suara ekspresi bahagia yang paling umum di antara semua bahasa adalah bunyi konsonan itu.

3. Xaxaxa

Di Yunani, jika Anda ingin tertawa terpingkal-pingkal secara online, sebaiknya jangan menggunakan hahaha atau kkkkkk… secara fonetik, xaxaxa lebih tepat mengekspresikan bunyi tawa yang Anda maksud.

4. Olololo

Tertawa Online
Cara menuliskan ekspresi tertawa Olololo banyak digunakan dalam bahasa Rusia. (F: Getty Images)

Jika Anda berkirim pesan dalam bahasa Rusia menggunakan alfabet Sirilik – sistem penulisan yang digunakan oleh lebih dari 50 bahasa, seperti Slavik, Turki, dan Persia – itu juga akan tampak seperti xaxaxa.

Tapi kalau Anda ingin benar-benar orisinal, Anda bisa menggunakan kata Olololo (atau олололо dalam alfabet Sirilik).

5. Kiekie

Tapi mungkin Anda ingin mengekspresikan kebahagiaan Anda dalam bahasa Lingala – bahasa Bantu yang digunakan oleh lebih dari delapan juta masyarakat Republik Demokratik Kongo dan negara-negara tetangganya.

Dalam hal itu, tak ada istilah lain yang lebih tepat menggambarkannya selain kiekie. Atau bahkan kiekiekie jika Anda benar-benar tidak bisa mengontrol gelak tawa Anda.

6. Wkwkwk

Mungkin ini yang paling Anda gunakan sebagai warga +62 alias Indonesia. Kata wkwkwk sebagai bentuk tulis dari ekspresi tawa sendiri tidak punya asal-usul yang jelas.

Dalam situs tanya-jawab Quora, seorang pengguna situs asal Indonesia bernama Dio Wijayanto Nugroho, seperti dikutip dari Kompas.com, mengatakan bahwa istilah wkwk lahir dari komunitas game online.

‘W’ dalam wkwk merupakan singkatan ‘ue’ dari kata ‘gue’. Awalnya, ekspresi tawa itu ditulis dalam bentuk ‘huehue’ sebelum berubah menjadi ‘hwhw’.

Dengan alasan mempermudah para pemain game online untuk ‘beraksi’ – dengan mata selalu mengarah ke layar komputer dan jari-jemari di atas keyboard – kata ‘hwhw’ lalu berubah menjadi ‘wkwk’ karena tombolnya lebih mudah dijangkau kedua tangan tanpa harus banyak bergerak.

Sementara menurut pengguna Quora lainnya, Johannes Sulistyo, wkwkwk berawal dari kata ‘ka-ka-ka’ sebagai ekspresi tawa sarkastik, yang berasal dari kata ‘ngakak’.

Selanjutnya, Jajaja hingga 555555…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin