Home Gaya 15 Cara Tertawa Online di Dunia: Dari Wkwkwk, Olololo, Jajaja hingga 55555

15 Cara Tertawa Online di Dunia: Dari Wkwkwk, Olololo, Jajaja hingga 55555

Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Tertawa Online
Jajaja adalah ekspresi tertawa ala negara Spanyol. (F: Getty Images)

7. Jajaja

Untuk tawa yang sehat dalam bahasa Spanyol, sentuhkan dasar lidah Anda ke belakang kerongkongan Anda dan asah bunyi “J” dari sana.

Sebenarnya, dalam bahasa Spanyol formal Anda harus menulis “Ja, ja, ja”, tapi kebanyakan orang menggunakan jajaja – atau bahkan jajajajaaaa jika mereka tertawa terpingkal-pingkal.

Anda juga bisa terdengar/tampak lebih bijaksana dengan je saja, jejeje untuk kekeh nakal, jijiji yang licik ketika usil melakukan sesuatu, atau tunjukkan kaget-tapi-senangmu dengan jojojo!

8. mdr

Nah, kalau yang ini bukan onomatopoeia. Dalam bahasa Prancis, bunyi sebuah tawa sering ditulis hahaha… tetapi pengguna bahasa Prancis kerap lebih memilih untuk mengetik mdr.

Kenapa? Karena itu adalah kepanjangan dari mort de rire (tertawa setengah mati) dan pastinya lebih cepat untuk diketik.

9. lwkmd

Oh, Anda membuat saya aku tertawa.

Di Nigeria, mereka lebih memilih menggunakan singkatan lucu – bukan karena lebih singkat, tapi karena lebih terkesan empatik.

Diambil dari penafsiran bahasa Inggris pidgin yang agak bebas, lwkmd adalah kepanjangan dari laugh wan kill me die – yang berarti tertawa sampai mati karena ini benar-benar lucu.

10. 55555

Tertawa Online
Di Thailand, cara menuliskan ekspresi tertawa saat online adalah 55555

Jika Anda dapat pesan dari seorang teman asal Thailand dengan pengulangan angka 5, bersiaplah untuk tertawa: dalam bahasa Thailand, 555555 adalah bunyi tawa.

Bahasa Thailand termasuk ke dalam keluarga linguistik Kra-Dai – sebuah kelompok bahasa nada (di mana nada suatu suku kata dapat mengubah makna kata tersebut) yang digunakan oleh sekitar 93 juta orang di Asia Tenggara, selatan China dan timur laut India.

Untaian 555555 merupakan representasi grafis sebuah gelak tawa yang lepas, karena pelafalan angka 5 sendiri identik dengan kata “ha!”

Tetapi jika Anda sedang di China, hati-hati! Di sana, angka 5 dilafalkan “wu”, bunyi yang kerap dikaitkan dengan suara tangisan, maka 555555 bisa berarti sebuah ratapan.

11. H

Apa lagi yang akan Anda katakan kecuali… ههههه
Tulisan Arab adalah tulisan nomor dua yang paling banyak digunakan di dunia, setelah alfabet Latin.

Alfabet itu tersebar ke seluruh dunia bersamaan dengan penyebaran agama Islam, lalu diadopsi bangsa-bangsa lain, di mana kemudian menjadi sumber tulisan banyak bahasa lain.

Alfabet tertentu dalam tulisan Arab disebut abjad yang hanya menggunakan konsonan. Untuk itu, tidak ada huruf ‘a’ dalam suku kata ‘ha’.

Maka, tertawalah dengan: hhhhhh atau bahkan ههههه

12. Www

Di Jepang, tawa disebut warai atau 笑い

Anda bisa menulis dengan sabar mengetik dengan benar kata tersebut, atau langsung tulis www saat merasa terkekeh, atau wwwwww ketika Anda terbahak-bahak.

13. Ha3

Ah, Anda pasti bercanda!

Di Malaysia, singkatan kata berada pada level lebih tinggi.

Anda bisa terkekeh: Ha. Atau tertawa terpingkal-pingkal: Ha3 (hahaha = ha x 3 = ha3)

14. Ahahah

Tenang, ini bukan typo alias salah ketik. Kami memang ingin mengetik kata ahahah.

Dalam bahasa Italia, huruf h tidak dibaca keras, tapi keberadaannya berfungsi memodifikasi pelafalan huruf vokal yang ada di dekatnya.

Dalam hal ini, penggunaan huruf h setelah huruf a bukan berkaitan dengan ekspresi tawa – keberadaannya penting agar orang tidak tertukar dengan kata kerja ‘untuk memiliki’ dalam bahasa Italia, yang ditulis dengan kata ha.

15. høhøhø

Dan bagaimana Anda tertawa di Norwegia? Sejujurnya, kebanyakan orang menggunakan kata hahaha.

Tapi beberapa lainnya lebih suka menggunakan kata høhøhøyang tampak lebih unik… belum lagi mereka yang terinspirasi bahasa Denmark dan bereksperimen dengan menggunakan kata hæhæhæ (mirip hehehe).

*****

Sumber : BBC Indonesia

1
2
SebelumnyaAwas! Potensi Gempa dan Tsunami Lebih 3 Meter Terjadi di Sukabumi
SelanjutnyaLapangan Tembak Wisadhana Batam Dibuka, Jadi Arena Belajar dan Wisata

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin