Home Warta Dunia Telat Gajian, Ratusan Pekerja Pabrik iPhone di India Ngamuk

Telat Gajian, Ratusan Pekerja Pabrik iPhone di India Ngamuk

71
Pabrik iPhone
Ilustrasi. iPhone. (F: Freepik)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id- Gara-gara telat digaji, ratusan pekerja pabrik iPhone di India ngamuk. Tak tanggung-tanggung mereka merusak fasilitas pabrik yang dikelola investor Taiwan itu.

Dilansir dari AFP, Minggu (13/12/20) sudah ada 100 orang pekerja pabrik iPhone tersebut yang ditangkap atas inisiden itu. Berdasarkan video yang beredar di media sosial, para pekerja itu menghancurkan panel kaca, kamera CCTv hingga membakar mobil fasilitas milik Wistron Infocomm Manufacturing.


Baca Juga:
Pabrik Gas di India Bocor, Ratusan Orang Kritis, 11 Tewas

Kawasan yang terletak di pinggiran Bangalore, India itu berada di pusat tekologi dan informasi India.

“Situasinya sekarang terkendali. Kami telah membentuk tim khusus untuk menyelidik insiden itu,” ujar polisi setempat kepada AFP, Minggu (13/12/2020)

Berdasarkan informasi dari media setempat, para pekerja itu mengaku belum dibayar selama empat bulan. Mereka juga mengklaim dipaksa bekerja melebihi shift.

Wakil Menteri Utama Negara Bagian Karnataka CN Ashwathnarayan dalam postingan Twitternya mengatakan pihaknya akan memastikan semua hak pekerja dilindungi sebagaimana mestinya.

Dilansir dari surat kabar The Hindu, pemimpin serikat perkerja, Satyanand menyebut ada eksploitasi brutal terhadap pekerja pabrik.

Baca Juga:
MPL India Ramaikan Pasar E-Sport Indonesia

“Pemerintah negara bagian telah mengizinkan perusahaan untuk melanggar hak-hak dasar (para pekerja),” ujarnya.

Sejauh ini, di pabrik tersebut terdapat 15 ribu pekerja. Sebagian besar dari mereka berstatus kontrak melalui pihak ketiga.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin