Home Kepulauan Riau Batam

Poltek Batam Produksi APD dan Buat Web Pendeteksi Corona, Gratis untuk Masyarakat

93
Produksi APD di Poltek Batam
Proses pembuatan APD di kampus Poltek Batam di Batam Centre, Batam. (F: Barakata.id/IST)

Barakata.id, Batam – Kampus Politeknik Negeri Batam (Poltek Batam), Kepulauan Riau mulai memproduksi alat perlindungan diri (APD) untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Poltek Batam juga membuat web khusus pendeteksi gejala corona.

Direktur Poltek Batam Dr. Ir. Priyono Eko Sanyoto, DEA mengatakan, kegiatan produksi APD dilakukan bersama Ikatan Alumni Politeknik Negeri Batam (IAPolbat).

APD yang diproduksi Poltek Batam berupa face shield. Alat ini nantinya akan diberikan secara gratis kepada tenaga kesehatan dan masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga :
Rudi: Batam Terapkan Karantina per Zona, Bukan Lockdown

Selain itu, Tim Dosen Poltek Batam yang bekerja sama dengan bagian CSR Pertamina juga telah mengalihkan produksi karya rajutan menjadi produksi masker. Masker ini pun akan dibagikan cuma-cuma.

Eko mengatakan, pihaknya sudah memberikan arahan kepada Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M), Daniel Soetopo Pamungkas untuk menfokuskan penggunaan dana penelitian dan pengabdian masyarakat dosen Poltek Batam untuk kegiatan ini.

face protector untuk APD yang diproduksi Poltek Batam
Face protector untuk APD yang diproduksi oleh Poltek Batam. (F: Barakata.id/IST)

Selain itu, Poltek Batam juga sudah mengalokasikan anggaran perjalanan dinas untuk kegiatan pencegahan Covid-19 ini.

Baca Juga :
Anggota DPRD Patungan Sumbang APD dan Alkes ke RSUD Batam

Tidak hanya memproduksi APD, Poltek Batam juga membuat beberapa kebutuhan kesehatan lainnya yang kini sedang sulit didapat seperti hand sanitizer dan cairan diinfektan.

“Semua itu akan dibagikan gratis kepada masyarakat umum yang membutuhkan,” kata Daniel dalam siaran pers kepada Barakata.id, Selasa (31/3/20).

Menurut Daniel, pihaknya juga sedang membuat ventilator portable dan GIS bagi pasien.

Bikin web pendeteksi corona

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin