Home Kepulauan Riau Batam

Puluhan Kios di Pasar Taras Batam Ludes Terbakar

1606
Pasar Taras
Asap hitam pekat membumbung tinggi dari kebakaran yang menghanguskan kios-kios pedagang di Pasar Taras Batam Centre, Kamis (23/4/20).

Barakata.id, Batam – Kebakaran hebat terjadi di kawasan Pasar Taras (Taman Raya Square) Batam Centre, Kamis (23/4/20). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Para pedagang yang berada di kawasan tersebut langsung panik. Tiba-tiba aja api muncul dan membakar sejumlah kios bagian tengah yang menjual barang-barang bekas (pakaian, dan lainnya).

Asap hitam pekat membumbung tinggi. Pengendara dan warga sekitar langsung berkerumun di sekitar lokasi kejadian untuk melihat kebakaran tersebut.

Baca Juga :
351 Rumah di Kepri Dapat Bantuan Penyambungan Listrik

Hingga kini, belum diketahui pasti penyebab kebakaran yang menghanguskan puluhan kios tersebut. Namun, akibat peristiwa itu, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Barang-barang dagangan milik pedagang ludes dimakan si jago merah. Rata-rata yang terbakar adalah barang seperti baju, celana, sepatu tas seken dari Singapura.

Pasar Taras
Api meludeskan kios pedagang di Pasar Taras Batam Centre, Kamis (23/4/20).

Sementara pedagang lain yang kiosnya berada tak jauh dari sumber api, terlihat sibuk berupaya menyelamatkan barang-barang dagangan mereka.

Di bagian depan gedung yang menjual perabotan rumah tangga, tampak sejumlah orang memindahkan barang-barang furniture ke luar toko.

Saat terbakar, kondisi pasar tidak begitu ramai. Pasar seken itu biasanya mulai dipadati pengunjung menjelang sore dan malam hari.

“Tadi kami lagi duduk di teras rumah, lalu melihat ada asap hitam tebal di langit. Saya pun keluar mencari sumbernya, ternyata di Pasar Taras. Sampai di sini, apinya sudah besar,” kata Aqilla, warga BSI yang ada di lokasi kejadian.

Saat sampai di lokasi, lanjut Aqilla, mobil pemadam kebakaran baru saja tiba. Dan petugas pun langsung berusaha memadamkan api.

“Kasihan ya, besok mau puasa malah dapat musibah. Apalagi sekarang lagi musim corona. Kan orang sepi belanja,” kata dia lagi.

Di lokasi juga terlihat beberapa petugas kepolisian, ada pula yang bersenjata lengkap. Sebagian berusaha mengatur lalu lintas yang macet cukup parah.

Baca Juga :
Reagen di BTKLPP Batam Habis, Uji Swab Corona di Kepri Macet

Sebagian lagi berusaha mengimbau warga agar tetap menjaga jarak dan menggunakan masker, karena saat ini masih dalam masa wabah virus corona.

“Jangan terlalu berkerumun bapak dan ibu, jaga jarak. Pakai maskernya juga ya,” ujar seorang polisi yang berjaga di dekat area parkir.

Pasar Taras
Warga melihat kebakaran di Pasar Taras Batam Centre dari kejauhan, Kamis (23/4/20).

Camat Batam Kota, Aditya Guntur dan Lurah Belian, Kamarul Azmi juga terlihat di tempat kejadian. Kamarul mengaku mendapat laporan kebakaran itu dari warga RW 4.

“Kami sedang ada kegiatan pembagian sembako untuk warga di RW 4, kemudian ada warga bilang Pasar Taras kebakaran, jadi kami langsung ke sini,” katanya.

Video Detik – Detik Puluhan Kios di Pasar Taras Batam Ludes Terbakar.

*****

Penulis : Ali Mhd

1 KOMENTAR

  1. Informasinya sumber kebakaran berasal trafo yang menimbulkan percikan api yang diduga menjadi penyebab kebakaran yang sudah sering dikeluhkan pedagang kepada pengelola Taras.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin