Home Warta Ekonomi

Pesawat Lion Air Group Jalani Perawatan dan Strelisasi di Batam

70
Pramugari Lion Air
Ilustrasi. Lion Air Group mengumumkan akan kembali melayani penerbangan domestik mulai 10 Juni 2020. (F: Instagram @fitriwulandaris)

Barakata.id – Lion Air Group konsisten menjalankan proses dan sterilisasi seluruh armada pesawat. Hal itu merupakan komitmen pihak maskapai terhadap aspek keselamatan dan keamanan dan penerbangan.

Perawatan tersebut dilakukan pusat perawatan pesawat Lion Air Group di Batam Aero Technic dan di bandara (base station) di mana pesawat Lion Air Group berada.

Baca Juga :
Lion Air Group Berhenti Terbang Mulai 5 Juni 2020

Untuk pusat perawatan Batam Aero Technic dalam satu kali maintance mampu merawat 15 unit pesawat. Terdiri dari pesawat berbadan lebar seperti Airbus 330, pesawat berbadan sedang dan kecil seperti Boeing 737, Airbus 320. ATR maupun Hawker.

“Perawatan mulai dari pekerjaan ringan sampai pekerjaan berat. Termasuk panting full body pesawat, peremajaan interior pesawat, perawatan komponen pesawat dan lainnya,” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro lewat siaran pers kepada barakata.id, Sabtu (6/6/20).

Lion Air Group mempersiapkan semua armada, yang terdiri dari tipe Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, Airbus 320-200CEO, Airbus 320-200NEO, Airbus 330-300CEO, Airbus 330-900NEO, ATR 72-500 dan ATR 72-600, yang akan dioperasikan menurut kebutuhan.

Danang mengatakan, dalam kondisi masa waspada pandemi Covid-19, Lion Air Group secara konsisten menjalankan semua perawatan pesawat sesuai dengan program perawatan. Baik secara berjadwal dan tidak berjadwal.

Hal ini merupakan kesungguhan dalam setiap pelaksanaan operasional penerbangan, memastikan bahwa pesawat kondisi aman dan laik terbang serta sejalan untuk merencanakan dengan tepat persiapan penerbangan.

Lion Air Group meningkatkan fase pengerjaan sterilisasi pesawat berupa penyemprotan disinfektan. Areanya mencakup ruang kokpit, toilet, dapur, kompartemen bagasi, meja lipat di kursi, sandaran kursi, penutup kursi bagian kepala, penutup jendela dan dinding kabin, karpet dan ruang kargo di bagian bawah kabin pesawat.

Baca Juga :
Persiapan Wajib Sebelum Naik Lion Air Group

Danang mengatakan, pihaknya juga memastikan kebersihan pesawat dan peralatan pendukung. Perawatan ini dilakukan secara berkala mulai dari mencuci dan mengelap badan pesawat, kendaran pendorong pesawat, bus penghubung, tangga masuk pesawat serta kendaraan pengangkut barang dan kargo.

Kemudian juga melakukan pengecekan dan pemeliharaan komponen pesawat dan pengecekan pesawat cadangan. Lion Air Group juga tetap menjalankan program wajib pelatihan bagi teknisi menggunakan pembelajaran berbasis elektronik, antara lain fokus pada safety management system, faktor utama pada diri dalam bekerja dan penyegaran kembali mengenai standar operasional prosedur.

*****

Editor : Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin