Home Kepulauan Riau Batam

Kronologi Warga Batam Positif Corona: Pulang dari Jakarta, Batuk, Sesak Napas, Mual dan Muntah

237
Kronologi Warga Batam Positif Corona
Ilustrasi. Wali Kota Batam Muhammad Rudi didampingi Wakil Wali Kota Amsakar Achmad menyampaikan keterangan pers terkait pasien pertama positif Covid-19 di Batam Centre, Kamis (19/3/20) lalu. (F: barakata.id)

Barakata.id, Batam – Seorang wanita warga Batam, Kepulauan Riau (Kepri) dinyatakan positif terpapar virus corona. Pasien berusia 51 tahun itu memiliki riwayat perjalanan dari Batam ke sejumlah daerah sebelum kembali lagi ke Batam pada 4 Maret 2020 lalu.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, wanita tersebut baru kembali ke Batam dari perjalanan ke Bogor, Jakarta dan Yogyakarta. Perjalanan itu terjadi dalam kurun waktu 21 Februari hingga 4 Maret 2020.

“Saat ini yang bersangkutan menjalani perwatan di ruang isolasi di RSUD Embung Fatimah di Batuaji, Batam,” kata Rudi saat jumpa pers di halaman Kantor Wali Kota Batam, Jalan Engku Putri, Batam Centre, Kamis (19/3/20).

Baca Juga :
Satu Warga Batam Positif Terjangkit Virus Corona

Pada jumpa pers itu, Rudi memaparkan kronologis si pasien hingga ditetapkan positif terjangkit virus corona atau Covid-19. Berikut kronologisnya:

1. 4 Maret 2020

Wanita 51 tahun itu tiba di Batam melalui Bandara Hang Nadim. Ia baru selesai dari perjalanan Batam-Bogor-Jakarta-Yogyakarta.

2. 5 Maret 2020

Pasien mengalami sakit batuk berdahak. Ia lalu memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan di dekat rumahnya. Setelah mendapat pemeriksaan medis, kondisi wanita itu sudah membaik. Sudah tak ada lagi keluhan sakit.

3. 7 Maret 2020

“Setelah menjalani pengobatan, diketahui kondisinya membaik, persisnya pada 7 Maret 2020 dan sudah tidak ada keluhan lagi,” kata Rudi.

Setelah itu, wanita ini kembali merasakan sakit batuk, dan mulai gangguan pernapasan.

4. 10 Maret 2020

Pasien mendatangi fasilitas kesehatan di dekat rumahnya lagi. Selanjutnya, ia dirujuk ke salah satu rumah sakit dan langsung menjalani rawat inap.

5. 13 Maret 2020

Wanita itu diperbolehkan pulang ke rumah karena kondisinya sudah stabil.

6. 14 Maret 2020

Wanita itu kembali datang ke ruang Unit Gawat Darurat (UGD) di rumah sakit tempat dirawat sebelumnya. Ia mengeluhkan sakit batuk berdahak, sesak, mual, dan muntah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin