Home Kepulauan Riau

Pelni dan BUMN Beri 7.076 Tiket Mudik Gratis Batam-Medan

242
Ilustrasi. Kapal Pelni masih menjadi pilihan masyarakat untuk pulang kampung saat musim mudik. (F: IST)

Batam – Kabar gembira bagi masyarakat Batam dan sekitarnya yang ingin mudik ke kampung halaman saat Lebaran nanti. PT Pelni (Persero) bersama sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan 7.076 tiket kapal gratis untuk rute Batam-Belawan Medan.

Tiket gratis ini disediakan oleh PT Asuransi Jasindo sebanyak 300 seat, PT Jiwasraya 960 seat, PT Timah 126 seat, PT Pos Indonesia 570 seat, dan Jamkrindo 70 seat. Kemudian, PT Pegadaian 200 seat, PT Askrindo 300 seat, PT Jasa Raharja 500 seat, PT Pelindo I 1.474 seat, PT Pelindo II 1.526 seat, dan PT Inalum 1.000 seat.

Kepala Cabang PT Pelni Batam, Sugiyanto mengatakan, sebagai penyelenggara pihaknya hanya menyediakan angkutan untuk mudik gratis tersebut. Sementara persyaratan untuk dapat tiket mudik gratis ini tergantung kepada BUMN masing-masing.

“Untuk calon penumpang dan syarat mendapatkan tiket gratis itu masing-masing BUMN yang atur. Kami hanya mengangkut saja nanti,” ujarnya di Batam, awal pekan lalu.

Sugiyanto mengatakan, para penumpang yang ikut program mudik gratis ini rencananya akan diberangkatkan pada 30 Mei 2019. Atau kurang dari sepekan sebelum hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Terkait teknis keberangkatan, lanjut Sugiyanto, pihaknya masih menunggu petunjuk dari kantor pusat. Menurutnya, keberangkatan peserta mudik gratis ini bisa saja digabung dengan penumpang umum atau dikhususkan jadwalnya.

“Mungkin bisa tiga kali keberangkatan. Jadi sebagian mudik gratis dan sisanya penumpang umum,” kata dia dilansir dari mediacenter.batam.go.id.

Menurut Sugiyanto, total tiket yang disiapkan untuk mudik gratis tahun ini lebih banyak dari Lebaran sebelumnya, yakni sekitar 4.000 penumpang. Kepada masyarakat yang berminat untuk ikut mudik gratis, ia mengimbau agar mencari informasi langsung ke BUMN terkait.

Ia menegaskan, dalam program mudik gratis ini, PT Pelni hanya bertugas sebagai operator kapal yang mengangkut pemudik.

“Kami tidak menerima pendaftaran pesertanya. Mohon dipahami. Nanti pasti ada pemberitahuan dari masing-masing BUMN ini,” kata dia.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin