Jokowi-Ma’ruf Resmi Pimpin Indonesia hingga 2024

63
Presiden Jokowi di acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di gedung MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/19). (F: Instagram @jokowi)

Barakata.id, Jakarta – Joko Widodo dan Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. Jokowi-Ma’ruf sah memimpin Indonesia hingga lima tahun ke depan usai membaca sumpah jabatan, Minggu (20/10/19) sore.

“Bismillahirahmanirahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya  selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Jokowi membacakan sumpah presiden di dalam gedung MPR RI, Jakarta.

Baca Juga : Soal Kabinet, Jokowi Masih Tersandera Megawati

Setelah Jokowi, kemudian giliran  Ma’ruf Amin yang membacakan sumpah.

“Bismillahirahmanirahim, Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Ma’ruf Amin.

Keduanya kemudian menandatangani berita acara pelantikan presiden. Nampak pula Ketua MPR dan jajaran pimpinan dalam penandatanganan ini

Presiden dan Wakil Presiden RI, Joko Widodo – Ma’ruf Amin

Dengan pembacaan sumpah jabatan serta penandatanganan berita acara pelantikan, Jokowi dan Ma’ruf Amin resmi menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

Baca Juga : Teroris Siapkan Aksi Bom Bunuh Diri Saat Pelantikan Presiden

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma’ruf dihadiri oleh Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Wakil Presiden Hamzah Haz, Boediono, dan sejumlah kepala lembaga negara.

Selain itu juga hadir beberapa kepala negara, perdana menteri dan utusan khusus negara-negara sahabat di antaranya dari Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Vietnam, Kamboja, Thailand, Filipina, Amerika Serikat, Australia dan lainya.

Keluarga besar Presiden Jokowi dan keluarga Ma’ruf Amin juga hadir. Kemudian para gubernur, jajaran mnteri Kabinet Kerja serta para duta besar.

*****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here