Home Gaya Kesehatan

Ini Hasil General Checkup Habib Rizieq

Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Jakarta- Kabar simpang siur terkait kesehatan Habib Rizieq Syihab, mulai mendapatkan titik terang. Habib Rizieq sendiri yang menjelaskan kondisi kesehatannya. Rizieq berbicara lewat video yang beredar lewat aplikasi perpesanan. Video ini dikonfirmasi oleh FPI sebagai video asli dari Habib Rizieq.

Dalam video tersebut, Habib Rizieq duduk dengan keluarganya di sebuah ruangan. Di depan Habib Rizieq dan keluarga duduk, ada meja berisi makanan. Video itu menampilkan keterangan waktu 26 November 2020 pukul 20.10 WIB dan keterangan lokasi di Kecamatan Bogor.

Baca juga: 

“Insyaallah. Kita sekarang hanya ingin, apa namanya…. Kita sedikit kelelahan. Banyak orang antusias nyambut yang salaman, yang nyium tangan, yang meluk, yang nyium,” kata Habib Rizieq.

Habib Rizieq menjelaskan sudah melakukan general checkup. Hasilnya, kata Habib Rizieq, bagus.

“Dan alhamdulillah hasil general checkup Abah insyaallah semuanya bagus,” sebut Habib Rizieq.

Rizieq mengaku sudah menjalani general check-up yang memantau kondisi jantung, paru-paru, ginjal, hati, asam urat, hingga asam lambung.

“Tadi kita general check ini mencakup jantung, paru, ginjal, fungsi hati, begitu juga dulu kan Abah ada asam urat, asam lambung, semua bagus, alhamdulillah wasyukurillah,” tuturnya.

Sempat dirawat di IGD

Direktur Utama RS UMMI Bogor, Andi Tatat. Foto: detikcom

Imam Besar FPI itu dirawat di RS UMMI, Kota Bogor, Jawa Barat. FPI menyatakan Rizieq meminta general check-up karena kelelahan saat disambut, disalami, dipeluk, dan dicium banyak orang dalam rangkaian kegiatan kepulangannya ke Indonesia.

Direktur Utama RS Ummi Bogor, Andi Tatat menjelaskan Habib Rizieq dan istrinya masih beristirahat di RS Ummi Bogor. Habib Rizieq dirawat di ruangan president suite. Dia menambahkan Habib Rizieq dirawat sejak kemarin.

“(Sejak) kemarin (25/11), cuma ini masuk hari kedua (dirawat),” ujar Tatat di RS UMMI Bogor, Jalan Empang II No. 2, Bogor Selatan, Kota Bogor, Kamis (26/11/) lalu.

Berati, Sabtu (27/11/2020) ini adalah hari ketiga Rizieq dirawat di RS UMMI. Dia menjelaskan, Rizieq sempat masuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) karena kelelahan.

Baca juga: 

“Teman-teman, Habib Rizieq kemarin ke rumah sakit ini, masuk IGD, memang karena dia, ada, apa namanya, capai. Memang dengan aktivitas beliau yang begitu langsung pulang langsung maraton ketemu dengan itu,” kata Andi Tatat.

Andi Tatat menepis kabar Habib Rizieq saat ini menggunakan alat bantu pernapasan atau ventilator. Kabar tersebut ditegaskan tidak benar.

Soal tes COVID-19

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan pihaknya akan melakukan tes swab ulang kepada Habib Rizieq, meski sebelumnya ia dilaporkan bahwa HRS telah diswab oleh tim MER-C Jakarta. Hal itu untuk memastikan semua prosesnya sesuai dengan aturan dan standar kesehatan.

Namun pada malam hari, Bima Arya mendapat kabar bahwa Rizieq menolak tes usap ulang. Dia langsung menyambangi Rizieq di RS UMMI.

“Saya tadi bersama Pak kapolres, Pak Dandim, tabayun, mengkonfirmasi laporan dari staf kami, dari tim kami bahwa keluarga tidak berkenan untuk dilakukan swab. Menurut penjelasan keluarga memang berkeberatan, karena mengapa harus dua kali, karena diswab itu kan sakit, kira-kira begitu,” kata Bima Arya usai menemui pihak keluarga Habib Rizieq Shihab di RS UMMI, Jumat (27/11) malam.

“Kemudian beliau sampaikan tadi bahwa yang melakukan swab adalah tim MER-C, kemudian (spesimen) dikirim ke lab yang juga tersertifikasi, kira-kira begitu,” tambah Bima.

Bima Arya bakal memastikan tes swab terhadap Rizieq sesuai prosedur. Dia mendapat nama-nama dokter yang melakukan tes COVID-19 terhadap Rizieq dengan tujuan untuk kroscek spesimen Rizieq.

*****

Editor: Ali Mhd

Sumber: detik.com

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin