Home Warta Arena

Hasil Semifinal Liga Champions: Gol Suarez dan Messi Gulung Liverpool

60
Para pemain Barcelona merayakan kemenangan 3-0 atas Liverpool di semifinal leg pertama Liga Champions, Kamis (2/5/19) dini hari WIB. (Matthias Hangst/Getty Images)

Campnou – Duel sengit tersaji antara tuan rumah Barcelona melawan Liverpool pada pertandingan leg pertama semifinal Liga Champions di Stadion Camp Nou, Kamis (2/5/19) dini hari WIB. Namun akhirnya, Barcelona sukses menggulung Liverpool dengan telak, tiga gol tanpa balas.

Tiga gol itu dicetak oleh Lionel Messi dengan dua gol dan Luis Suarez satu gol. Kemenangan ini membuat pasukan “Catalan” tinggal selangkah lagi menuju partai puncak.

Sementara bagi The Reds, kekalahan ini membuat perjuangan mereka terasa berat. Moh Salah dkk wajib menang dengan selisih empat gol saat menjamu Messi dkk di Anfield pekan depan jika ingin lolos ke babak final.

Seperti diperkirakan, laga dua tim raksasana ini sudah seru sejak peluit babak pertama dibunyikan. Aksi saling serang dipertontonkan para pemain dua kesebelasan.

Ancaman pertama datang dari Barcelona di menit ke-15, saat tembakan Lionel Messi masih bisa dihadang oleh para pemain Liverpool. Bola rebound kemudian jatuh ke Philippe Coutinho yang langsung mengarahkan bola ke gawang.

Tapi, dengan sigap Alisson bisa menggagalkan upaya tersebut. Beberapa menit berselang, gantian Suarez yang mengancam dan sukses membuka keunggulan Barcelona di menit ke-26.

Gol mantan penyerang Liverpool itu berawal dari umpan jitu Jordi Alba yang melihat pergerakan Suarez di pertahanan lawan. Meski diapit Virgil van Dijk dan Joel Matip, Suarez masih bisa menyambar dengan cepat umpan Alba tersebut hingga berhasil menaklukkan Alisson dari jarak dekat.

Setelah gol itu, para pemain The Reds meningkatkan serangan untuk menyamakan kedudukan. Namun, sejumlah peluang yang dibikin Sadio Mane dan Moh Salah tak ada yang mampu merobek jala Barcelona yang dikawal kiper asal Jerman Marc-André ter Stegen.

Gol Suarez menjadi satu-satunya gol yang tercipta di babak pertama. Skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona.

Laga Barcelona vs Liverpool berakhir dengan kemenangan tuan rumah dengan skor telak 3-0. Lionel Messi jadi bintang The Catalans dengan dua gol yang dia lesakkan.

Memasuki laga babak kedua, para pemain The Reds mencoba memaksa Barcelona bermain bertahan. Peluang pun lebih banyak tercipta yang membuat Ter Stegen kerepotan.

Gencarnya serangan yang dilakukan pasukan Jurgen Klopp membuat Barcelona sering kehilangan bola bahkan sebelum sampai tengah lapangan. Tapi Barcelona punya Messi.

Meski sempat mendapat pengawalan rapat di sepanjang pertandingan, tapi Messi adalah Messi. Ia menjadi penentu kemenangan Barcelona dalam laga ini.

Gol Messi di menit 75 menggandakan keunggulan Barcelona. Tak butuh waktu lama, penyerang mungil asal Argentina itu menambah pundi golnya di menit ke-82 lewat sepakan bebas.

Dengan gaya khasnya, Messi menendang bola dari luar kotak penalti menuju sudut kanan atas gawang Liverpool. Sepakan keras itu tak mampu dicegah Alisson Becker. Skor menjadi 3-0.

Liverpool nyaris mempersempit ketertinggalan di menit ke-84. Roberto Firminho yang baru masuk mendapat kesempatan emas untuk menyarangkan gol.

Namun, tendangan Firmino dari dalam kotak penalti masih bisa diblok dua bek Barca tepat di garis gawang. Dan bola tersebut malah jatuh ke kaki Salah yang berdiri bebas.

Tapi keberuntungan Liverpool seakan menjauh dalam pertandingan tersebut. Meski sudah menendang ke arah gawang yang sudah kosong, bola sepakan Salah justru mengenai mistar gawang.

Hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir, skor tidak berubah. Para pemain dan suporter Barcelona pun bersorak gembira, sedangkan pemain Liverpool terlihat banyak yang menundukkan kepala.

Duel Barcelona vs Liverpool di semifinal Liga Champions leg pertama tadi malam sebenarnya berjalan cukup berimbang. Bahkan, bisa dikatakan Liverpool mampu menguasai permainan.

Situs statistik Whoscored mencatat kedua tim berimbang dalam penguasaan bola (47,6:52,). The Reds malah uggul dalam jumlah tembakan yang dihasilkan (10:15), di mana kedua tim juga cukup berimbang dalam jumlah shot on target (4:5).

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin