Home Ekonomi Oto

Esemka Garuda Segera Meluncur, Jadi Saingan CR-V dan X-Trail?

91
Tampilan mobil yang disebut sebagai Esemka Garuda 1. (F: Instagram @esemka_official)

Barakata.id, Jakarta – Pabrikan mobil Esemka kembali bikin kejutan. Tak lama lagi, akan hadir produk terbarunya yakni Esemka Garuda 1.

Disebutkan, Esemka dipastikan segera bersaing di segmen mobil SUV (Sport Utility Vehicle) di pasar otomotif nasional.

Basisnya mengambil dari SUV mewah Volvo XC90 dan kabarnya akan bersaing dengan SUV lainnya, seperti Wuling Almaz, Mazda CX-5, Nissan X-Trail, dan Honda CR-V.

Baca Juga : Pajak Mobil Mewah Nunggak? Siap-Siap Disita Pemprov Kepri

Rencana peluncuran mobil ini sudah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Apalagi setelah akun resmi Instagram @esemka_official mengunggah foto mobil yang akan mereka launching.

Tampilan dalam mobil yang disebut sebagai Esemka Garuda 1. (F: Instagram @esemka_official)

Meski belum ada Esemka Garuda 1 versi produksi yang diperkenalkan tapi versi purwarupanya telah ditampilkan ke publik. Ada kemungkinan, masih akan terjadi perubahan.

Walau demikian, dari versi purwarupa ini masyarakat bisa sedikit mendapat gambaran mengenai spesifikasi mobil karya anak bangsa tersebut.

Dari eksteriornya, Garuda 1 sudah disematkan lampu proyektor dengan grille berwarna hitam. Secara dimensi, ukurannya tidak jauh berbeda dengan SUV sekelasnya.

Kemungkinan besar jika melihat basisnya, Garuda 1 akan dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 2.000 cc, 4 silinder. Dengan penggerak roda depan, mobil ini kabarnya juga akan menggunakan transmisi 8 percepatan otomatis.

Mengutip Kompas.com, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), Eddy  pernah menyebutkan bahwa mobil SUV belum akan diproduksi massal. Sebab, Esemka masih harus mengurus banyak hal lainnya terlebih dulu.

Sayangnya, penampakan bagian dalam atau interiornya belum bisa dilihat. Sebab, tak sedikit juga yang penasaran akan ada fitur apa saja yang disematkan pada Esemka Garuda 1.

Sudah masuk daftar NJKB

Dilansir Gridoto.com, nama Esemka Garuda 1 yang sebenarnya belum dilemparkan ke publik, malah sudah masuk dalam daftar Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB).

Garuda 1 sendiri terdaftar dalam NJKB dengan membawa merek Esemka

Terdaftar dengan nama Garuda 1 2.0 M/T sepertinya sudah cukup jelas menggambarkan bahwa SUV satu ini akan membawa mesin 2.000 cc dengan transmisi manual.

Tampilan dalam mobil yang disebut sebagai Esemka Garuda 1. (F: Instagram @esemka_official)

Kira-kira berapa harganya?

Dari daftar lampiran Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019 terlampir harga dari Esemka Garuda 1 ini.

Esemka Garuda 1 memiliki NJKB Rp 209.000.000 dan Dasar Perhitungan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) Rp219.450.000.

Mobil ini sendiri terdaftar dengan nomor koding 103651 01001 dan bobot 1.050 kg.

Baca Juga : Alibaba Jual Online Mobil Listrik, Harganya Rp64 Juta

Dengan nominal DP PKB tersebut, nantinya harga OTR dari Esemka Garuda 1 tentu tidak akan jauh-jauh dari Rp220 jutaan.

Sebuah SUV dengan harga dibawah Rp300 juta tentu akan menjadi daya tarik mobil ini dibanding dengan merek-merek luar.

Namun kembali lagi, apakah harga tersebut sudah terjangkau masyarakat Indonesia dan worth it dengan kualitas yang ditawarkan?

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin