Home Kepulauan Riau Batam

Apindo Dukung Penerapan Semi Lockdown di Batam

127
Rafki Rasyid
Ketua Apindo Kota Batam, Rafki Rasyid

Barakata.id, Batam – Penerapan semi lockdown atau karantina lokal di wilayah-wilayah tertentu perlu segera dilakukan oleh Pemerintah Kota Batam. Hal itu demi memutus mata rantai penyebaran penularan virus corona atau Covid-19.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Batam, Rafki Rasyid menegaskan, pihaknya siap mendukung apapun nantinya kebijakan yang akan diambil Pemko Batam dalam tindakan pencegahan pandemi Covid-19.

“Selagi tidak mengganggu aktivitas usaha seperti manufaktur, kami akan mendukung tindakan yang dilakukan Pemerintah Kota Batam meski harus dengan tindakan keras dan terukur sekalipun,” ujarnya di Batam, Minggu (29/3/20) sore.

Baca Juga :
Pak Rudi, DPRD Batam Minta Karantina Lokal, Segera

Rafki menyarankan agar Pemko Batam sebaiknya memberlakukan semi lockdown atau karantina wilayah di Batam. Menurutnya langkah ini dibutuhkan untuk menekan jumlah korban atau pasien positif Covid-19.

Namun, sebelum Batam memutuskan pemberlakuan karantina lokal, pemerintah harus lebih dulu melakukan pembahasan atau kajian di berbagai sisi.

“Harus dirumuskan dengan cermat terlebih dahulu sebelum diberlakukan soft lockdown. Hal tersebut supaya masyarakat di Batam juga bisa menyiapkan diri dalam segala hal. Kalau saat ini, penambahan kasus tertular kan masih relatif rendah jika dibandingkan dengan di Jabodetabek,” kata dia.

Baca Juga :
BP Batam Ubah Layanan Perizinan, dari Tatap Muka ke Call Center

Rafki juga meminta Pemko Batam nantinya bisa memberikan insentif kepada pengusaha kecil, jika memang akan memberlakukan soft lockdown.

“Sebab, merekalah yang akan terkena dampaknya langsung,” pungkasnya.

Permintaan agar Pemko Batam segera menerapkan karantina lokal juga disuarakan anggota DPRD Batam, Aman. Menurutnya, upaya pencegahan penyebaran virus corona yang selama ini dilakukan lewat berbagai imbauan, tidak berjalan efektif.

Aman mengatakan, masih banyak masyarakat Batam yang tidak mematuhi Surat Edaran Wali Kota Batam terkait sosial distancing atau beraktivitas di dalam rumah, membatasi diri untuk tidak keluar rumah jika tidak penting. Ia juga melihat masih banyak warga yang berkumpul di tempat-tempat tertentu.

“Tidak efektif kalau hanya sekada imbauan, harus ada penegasan, termasuk memberi sanksi jika diperlukan. Batam harus segera menerapkan karantina lokal,” kata pria yang juga Wakil Ketua Badan Kehormatan DPRD Batam ini.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin