5 Kapal dan 68 Warga Vietnam Pencuri Ikan Ditangkap di Laut Natuna

Ikuti kami di Google Berita

Menteri Kelautan dan Perikanan
Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo (tengah) meninjau kapal yang diamankan oleh Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) di Pelabuhan Pangkalan PSDKP Batam, Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (4/3/20). (Teguh Prihatna/Barakata.id)

Saat itu, kelima apal ikan asing tersebut sempat mencoba mengelabui kapal pengawas dengan seolah-olah merupakan kapal ikan asal Malaysia.

“Namun, aparat kita tidak mau kecolongan. Karena mereka (kapal ikan asing itu) tidak mengibarkan bendera kebangsaan kapal, dan menggunakan kode C2 pada lambung kapal yang merupakan kode yang digunakan oleh kapal ikan Malaysia yang beroperasi di ZEE,” kata Edhy.

Petugas pun mendekat dan melakukan pemeriksaan di atas kapal. Terbukti awak kapal-kapal tersebut tidak bisa menunjukkan dokumen bahwa kapal mereka benar kapal Malaysia.

Pemeriksaan lebih lanjut, akhirnya para awak kapal mengaku bahwa mereka berasal dari Vietnam.

Edhy menegaskan, saat ini kelima kapal asing tersebut disandarkan di dermaga PSDKP Batam. Adapun 68 awak kapal berkewarganegaraan Vietnam akan diproses hukum lebih lanjut, juga di PSDKP Batam.

Baca Juga :
Susi Pimpin Pengejaran 7 Kapal Ikan Asing di Laut Natuna

Menurut Edhy, keberhasilan KKP menangkap kapal ikan asing pencuri ikan merupakan buah dari operasi terstruktur.

“Ini respon yang sangat bagus dari KKP dalam melaksanakan arahan Pak Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan pengawasan di laut Indonesia. Juga sebagai bukti bahwa negara hadir di Laut Natuna,” kata dia.

“Posisi kita sangat jelas terhadap kapal pelaku ilegal fishing, tidak ada kompromi. Ini bukan hanya demi kedaulatan negara tapi juga agar nelayan-nelayan kita terutama di Natuna ini aman dan nyaman saat mencari ikan di laut,” pungkas Edhy.

*****

Penulis : Teguh Prihatna

1
2
SebelumnyaPariwisata Singapura Kehilangan 20 Ribu Turis per Hari karena Virus Corona
Selanjutnya[FOTO] Edhy Prabowo Tinjau 5 Kapal Asing dan 68 Nelayan Vietnam Pencuri Ikan Dites Corona

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin