Home Warta Nusantara

Prabowo Belum Mau Kalah

65
Prabowo Subianto
Hasil survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan bahwa elektabilitas Prabowo Subianto turun drastis. (F: net)

Jakarta – Hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga survei menunjukan pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 01 (Jokowi-Ma’ruf) unggul atas paslon 02 (Prabowo-Sandiaga). Namun, Prabowo menegaskan pihaknya belum kalah.

Dalam jumpa pers di depan kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta yang ditayangkan langsung oleh sejumlah stasiun televisi, Prabowo bahkan mengklaim kalau ia dan Sandi menang atas Jokowi-Ma’ruf. Karena itu, ia meminta para pendukung untuk tetap tenang dan terus mengawal pemilu hingga akhir.

Prabowo juga menyatakan keprihatinannya terhadap pelaksanaan pemilu kali ini. Menurutnya, banyak upaya-upaya sistematis yang menggiring opini jika pasangan Prabowo-Sandi sudah kalah.

Ia pun menyinggung soal kejadian-kejadian yang merugikan pendukung 02.

“Terus terang, kita prihatin. Banyak hal-hal yang merugikan kita. Banyak surat suara yang tidak sampai, banyak TPS yang baru buka jam sebelas, banyak pendukung kita yang tidak dapat undangan dan sebagainya,” kata Prabowo di awal pidatonya, Rabu (17/4/19).

Prabowo yang berpidato tanpa didampingi pasangannya, Sandiaga Uno mngaku mendapat laporan tentang penemuan surat suara yang sudah tercoblos untuk paslon 01. Namun, meski merasa dicurangi, Prabowo juga menyebut bahwa berdasarkan penghitungan exit poll di 5.000 TPS, menunjukkan bahwa Prabowo-Sandi menang.

“Hasil exit poll itu, kita menang 55,4 persen. Begitu juga dengan hasil quick count, kita menang 52,2 persen,” ujarnya.

Prabowo meminta semua pendukung dan relawan paslon 02 untuk terus mengawal kemenangan tersebut, mulai dari penghitungan di TPS hingga ke kecamatan.

“Saya minta semua tetap tenang dan tidak terprovokasi untuk melakukan tindakan anarkis,” kata mantan Danjen Kopassus itu.

Sementara itu, Jokowi saat jumpa pers di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, mengaku tak mau terlalu jemawa menyikapi hasil hitung cepat yang menempatkan paslon 01 sebagai penang Pilpres 2019. Jokowi yang didampingi Ma’ruf Amin menegaskan meminta semua pihak terutama kepada para pendukungnya agar bersabar menunggu rekapitulasi resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kita telah melihat hasil exit poll dan quick count, semuanya sudah terlihat. Tapi saya minta kita semua tetap bersabar, tunggu hasil hitungan dari KPU secara resmi,” ujar capres petahana ini.

Hasil Hitung Cepat

Berbagai lembaga survei yang menggelar hitung cepat atau quick count memang menunjukkan bahwa paslon 01 unggul atas paslon 02, dengan selisih antara 7 sampai 10 persen.

Berikut hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang ditayangkan langsung di beberapa stasiun televisi Tanah Air, hingga pukul 19.00

1. Litbang Kompas (data masuk 85,5%)
01. Jokowi – Ma’ruf 54,4%
02. Prabowo – Sandi 45,6%

2. Indo Barometer (data masuk 90,7%)
01. Jokowi – Ma’ruf 54,2%
02. Prabowo – Sandi 45,8%

3. LSI Denny JA (data masuk 96,7%)
01. Jokowi – Ma’ruf 55,3%
02. Prabowo – Sandi 44,7%

4. Median (data masuk 57,9%)
01. Jokowi – Ma’ruf 54,45%
02. Prabowo – Sandi 45,55%

5. Kedai Kopi (data masuk 75,15%)
01. Jokowi – Ma’ruf 52,3%
02. Prabowo – Sandi 45,7%

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin