Home Gaya

Pesepeda, Ini 5 Larangan yang Akan Dikeluarkan Kemenhub

664
Larangan untuk Pesepeda
Kemenhub akan segera luncurkan aturan bersepeda. Ada 5 larangan dalam bersepeda yang akan diterapkan. (F: Piqsels)

Barakata.id- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengeluarkan larangan yang mengatur pesepeda dalam waktu dekat. Hal itu menyusul tren sepeda yang melonjak semenjak pandemi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan aturan-aturan yang diperuntukkan bagi pesepeda ini akan mulai diberlakukan pada Agustus mendatang.

“Meski demikian aturan ini belum sah, kami masih menerima masukan dari berbagai pihak untuk menyempurnakan aturan tersebut,” kata Budi, dikutip dari Viva, Selasa (28/7/20).

Baca Juga:
Ini Dia Panduan Bersepeda di Masa New Normal

Dia berharap regulasi terkait aturan itu rampung di akhir Juli, sehingga dalam waktu dekat regulasi pesepeda ini bisa segera dirilis dan mulai disosialisasikan.

Ada lima larangan bagi pesepeda yang akan diberlakukan dalam aturan tersebut. Pertama, pesepeda dilarang berboncengan, kecuali sepeda itu memang dilengkapi dengan tempat duduk penumpang.

Kedua, pesepeda dilarang menggunakan ponsel selama bersepeda. Jika terpaksa harus mengangkat telepon, pesepeda wajib behenti.

Ketiga, pesepeda dilarang memakai payung saat berkendara. Kecuali pedangang asongan. Itu pun menggunaan payung dibatasi, hanya boleh dibuka saat sedang berhenti.

Baca Juga:
Kepri Bersepeda 2020 Dicanangkan

Keempat, pesepeda dilarang berdampingan dengan kendaraan lain, kecuali sudah ditentukan oleh rambu-rambu lalu lintas.

Kelima, jumlah pesepeda dalam satu jalur akan dibatasi. Pesepeda yang berjalan berdampingan tak boleh lebih dari dua.

Budi Setiyadi mengatakan, poin empat dan lima belakangan ini banyak ditemukan. Banyak pengguna sepeda yang berada di jalan raya, bercampur dengan kendaraan lain.

“Banyak juga komunitas yang menggunakan jalur kiri dan jalur kanan. Bahkan menggunakan separuh jalan raya. Itu tak boleh,” kata dia.

****

Editor: Asrul R

2 KOMENTAR

  1. Keren say asrul…slm dri pku
    Slm pecinta sepeda…
    Klo ada berita2 covid19 kesehatan share ke mey yg terbaru ya sayabgqu…tq… hahaha ❤‍

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin