Home Kepulauan Riau Natuna

Hendra Kusuma Resmi Jabat Sekda Natuna, Gantikan Wan Siswandi yang Maju Pilkada

26
Hendra Kusuma
Bupati Abdul Hamid Rizal, melantik Hendra Kusuma sebagai Penjabat Sekda Natuna di Gedung Daerah, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Rabu (9/9/20) pagi. (F: barakata.id/ist)

Barakata.id, Natuna – Bupati Abdul Hamid Rizal, melantik Hendra Kusuma sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Natuna di Gedung Daerah, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Rabu (9/9/20) pagi. Hendra menggantikan posisi Wan Siswandi yang memilih meletakkan jabatan untuk ikut Pilkada Natuna 2020.

Sebelumnya, jabatan Hendra di Pemkab Natuna adalah sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Natuna.

Pelantikan Hendra menjadi Sekda Natuna berdasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah. Perpres yang diteken pada 2 Februari 2018, itu untuk melaksanakan ketentuan Pasal 214 ayat (5) UU No.9 Tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah.

Baca Juga :
* Plt Sekda Natuna Gesa OPD Realisasikan Program Kerja 2020

* Isdianto : Natuna Tak Berkembang Jika Masih Kabupaten, Harus Jadi Provinsi Khusus

Perpres ini menjabarkan bahwa Penjabat Sekretaris Daerah diangkat untuk melaksanakan tugas sekretaris daerah yang berhalangan melaksanakan tugas karena: a. sekretaris daerah tidak bisa melaksanakan tugas; dan/atau b. terjadi kekosongan sekretaris daerah.

Dalam sambutannya, Abdul Hamid Rizal berharap penjabat Sekda Natuna yang baru dilantik dapat melanjutkan roda pemerintahan sesuai ketentuan dan kewenangannya.

“Sebagai pimpinan tertinggi ASN dalam struktur perangkat daerah Pemkab Natuna, saya minta saudara agar semangat dalam bertugas, amanah dan bertanggung jawab serta loyal terhadap tugas yang diberikan kepada saudara,” katanya.

Hendra Kusuma

Ia mengatakan, jabatan Sekda memiliki peran penting dan strategis dalam struktur organisasi tata kelola pemerintahan.

“Peran Sekda ini sangat penting dalam membantu kepala daerah menyusun program kerja,” ujarnya.

Hamid menegaskan, sesuai ketentuan berlaku, penjabat Sekda juga memiliki kewenangan yang sama dengan jabatan Sekda definitif.

Karena itu, ia meminta jajaran Forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD) serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Natuna bisa saling berkoordinasi.

“Koordinasi ini penting dalam pelaksanaan tugas, demi pencapaian tujuan pembangunan daerah yang kita cintai ini,” kata dia.

Sekda Natuna
Bupati Abdul Hamid Rizal, melantik Hendra Kusuma sebagai Penjabat Sekda Natuna di Gedung Daerah, Jalan Batu Sisir, Bukit Arai, Rabu (9/9/20) pagi. (F: barakata.id/ist)

Pada kesempatan itu, Hamid Rizal pun mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada Hendra Kusuma Yang baru dilantik menjadi Penjabat Sekda Natuna. Turut hadir di acara pelantikan tersebut di antaranya jajaran FKPD dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Natuna.

Acara pelantikan tersebut dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan dalam kondisi Pandemi Covid-19.

Untuk diketahui, Wan Siswandi sebelumnya telah mengundurkan diri dari ASN melalui Keputusan Bupati Natuna Nomor 107/BKPSDM/2020 Tentang Pemberhentian dengan Hormat atas Permintaan Sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil tanpa Hak Pensiun, dan Keputusan Bupati Natuna Nomor 108/BKPSDM/2020 Tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil dari Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna.

*****

Penulis : Edi Z
Editor : Yuri BT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin