Home Kepulauan Riau Batam

Isdianto : Natuna Tak Berkembang Jika Masih Kabupaten, Harus Jadi Provinsi Khusus

43
Provinsi Natuna
Gubernur Kepri, Isdianto (dua kanan) berdiskusi dengan sejumlah pimpinan media di Kota Batam, Rabu (2/9/20).

Barakata.id, Batam – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Isdianto mendukung penuh jika Kabupaten Natuna berubah status menjadi provinsi. Menurutnya, Natuna tak akan berkembang jika masih berstatus kabupaten.

Isdianto mengatakan, kondisi masyarakat Natuna sampai sekarang masih memprihatinkan secara ekonomi. Padahal, daerah tersebut memiliki potensi sumber daya alam yang sangat besar.

“Potensi Natuna sangat besar, tapi perekonomian masyarakat masih memprihatinkan. Saya sudah berkeliling ke pulau-pulau terluar di sana, serba sulit. Ini harus diubah segera,” kata Isdianto kepada wartawan di Batam, Rabu (2/9/20).

Baca Juga :
Dua Kapal Vietnam Ditangkap KKP di Perairan Natuna

Susi Pudjiastuti Dapat Gelar Ratu Laut Natuna Utara

Menurut dia, pembangunan untuk pengembangan wilayah Natuna, jika anggarannya masih mengandalkan daerah dan provinsi, akan sangat sulit. Natuna butuh lebih banyak anggaran dari pemerintah pusat.

Dan anggaran tersebut akan lebih memungkinkan diperoleh kalau Natuna menjadi provinsi.

“Saya mendukung itu, jadi Provinsi Khusus Natuna. Kalau anggaran dari provinsi, kita juga cekak,” kata dia.

“Infrastruktur di sana sangat minim, sinyal telepon aja susah, seperti di Midai dan Serasan,” sambung Isdianto.

Isdianto menegaskan, dirinya selaku Gubernur Kepri siap menandatangani rekomendasi perubahan status Natuna dari kabupaten menjadi provinsi. Tentu saja, hal itu harus diusulkan dari masyarakat Natuna, termasuk para pengambil kebijakan di daerah itu.

Isdianto optimistis, jika Natuna menjadi provinsi khusus, pembangunan di daerah itu akan melejit, dan lebih merata. Dengan demikian, perekonomian masyarakat pun semakin cepat terangkat.

Posisi Natuna yang berada di daerah perbatasan juga memiliki peran penting bagi Republik Indonesia. Dari segi keamanan wilayah negara, pemerintah pusat punya kepentingan besar.

Baca Juga :
Sekda Natuna Wan Siswandi Mundur, Mantap Ikut Pilkada

Militer AS-Cina Tegang di Laut Natuna, TNI Siagakan 4 Kapal Perang

Apalagi, konflik antarnegara di Laut China Selatan hingga sekarang masih kerap muncul.

“Indonesia berkepentingan besar di Natuna dari segi keamanan negara. Kalau jadi provinsi khusus, maka Natuna bisa berkomunikasi dan berkoordinasi langsung ke pusat, tidak seperti selama ini harus melalui Pemprov Kepri dulu,” kata dia.

Untuk diketahui, berdasarkan data Pemkab Natuna, daerah itu merupakan wilayah kepulauan yang memiliki sekitar145 pulau. Dari ratusan pulau itu, 27 pulau di antaranya sudah dihuni.

Laut Natuna dikenal kaya akan hasil laut seperti ikan dan migas serta pariwisata bahari. Dengan sumber perikanan melimpah, laut Natuna seringkali dimasuki tanpa izin oleh kapal nelayan dari negara asing.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin