Gelar Kontes Menulis, Cabaca Ajak Masyarakat untuk Mengeksplor Isu Tentang Perempuan

56
0
tema Kisah Para Puan kontes menulis novel
- Advertisement -
DPRD Batam

Barakata.id – Yogyakarta, Sebagai salah satu platform baca dan penerbitan digital di Indonesia, Cabaca aktif mengadakan berbagai kontes menulis sejak beberapa tahun ke belakang. Tak terkecuali tahun ini, mengangkat tema Kisah Para Puan kontes menulis novel sudah dimulai sejak 20 Februari 2023 dengan total hadiah 10 juta rupiah.

Poster Kontes Menullis Novel Cabaca
Poster Kontes Menullis Novel Cabaca

Kontes menulis ini bertujuan untuk mengidentifikasi fiksi populer yang ditulis dan dipasarkan sebagai teman bagi pembaca untuk membagi pengalaman dan pemikiran terkait isu-isu perempuan.

- Advertisement -

Tidak hanya terbatas pada genre tertentu, peserta dapat memilih genre apa pun untuk mengeksplorasi jalan cerita yang akan mereka buat mencakup isu-isu yang kerap terjadi atau dialami perempuan. Peserta dapat mengambil sudut pandang dari berbagai sub tema seperti relationship, pendidikan, rumah tangga, keluarga, parenting, karier, finansial, hingga tradisi.

Baca juga: Beasiswa SDM Sawit Telah Dibuka, Kesempatan Kuliah Gratis Bagi Generasi Muda

“Perempuan masih menjadi objek dalam kehidupan sehari-hari, bahkan sasaran empuk berbagai industri juga. Nah, pada kesempatan ini Cabaca ingin ngajak lebih banyak penulis untuk memikirkan perempuan sebagai subjek,” jelas Fatimah Azzahrah, Co-Founder Cabaca saat diwawancarai secara daring pada (02/03/2023).

Selain itu, selaras dengan hari perempuan internasional pada 8 Maret besok, melalui kontes ini diharapkan calon penulis sudah mulai berpikir ke arah embrace equity. “Bukan lagi ngomong soal kesetaraan gender aja, tapi mulai merangkul perbedaan, karena kita semua berangkat pada titik yang berbeda,” tandasnya.

Cabaca menggandeng Bigmo dan Love Yourself Indonesia yang menjadi sponsor dalam kontes menulis tahun ini. Bigmo merupakan brand tas lokal yang berdomisili di Bandung dan sudah memproduksi tas berkualitas sejak tahun 2010. Produk yang diproduksi berjenis backpack, sling bag, sling pouch, dan jenis lain seperti waist bag, laptop/brief case hingga tote bag.

Sedangkan Love Yourself Indonesia merupakan sebuah komunitas berbasis anak muda dengan fokus sebagai support group, layanan konseling dan edukasi mengenai kesehatan mental di Indonesia dari berbagai latar belakang agama, ras, pendidikan, serta usia.

Love Yourself Indonesia memberikan fasilitas support group sebagai ruang aman & juga layanan konseling dengan harga yang terjangkau. Tidak hanya berbagai hadiah yang nantinya akan didapat, para pemenang kontes akan dikontrak secara eksklusif oleh Cabaca dan menjadi penulis resmi yang naskahnya akan terbit secara official di platform Cabaca.

Baca juga: Ingin Kuliah Gratis Bidang IT dan Digaji Tiap Bulan? Ikuti Beasiswa SEMESTA

Lebih lanjut, Cabaca dan Love Yourself Indonesia juga memfasilitasi para peserta dengan mengadakan webinar bersama psikolog yang akan diadakan pada pertengahan bulan Maret mendatang. Para peserta dapat mengikuti webinar tersebut secara gratis dan mendapatkan insight untuk mendukung pengembangan naskah yang akan dibuat dan diikutsertakan dalam kontes.

“Diharapkan eksplorasi kisah unik dari tokoh perempuan dalam lomba menulis yang diadakan Cabaca dapat melahirkan lebih banyak karya yang dekat dengan kehidupan. Dengan begitu, semangat para penulis dan tokoh-tokoh yang ada di dalamnya mampu tersalurkan, direngkuh, dan dihidupi oleh para pembaca nanti,” jelas Arga Dara Ramadhani, penanggung jawab lomba menulis Cabaca kali ini, yang diwawancarai secara daring pada (02/03/2023).

- Advertisement -