Ekonomi Dari Batam, Telkomsel Sebar Tsunami Teknologi 5G ke Nusantara

Dari Batam, Telkomsel Sebar Tsunami Teknologi 5G ke Nusantara

59
Jajaran manajemen Telkomsel menjajal video call menggunakan jaringan 5G di GraPARI Telkomsel Batam, Kamis (28/11/19). (F: Barakata.id/Yuri B Trisna)

Barakata.id, Batam – Telkomsel melakukan uji coba teknologi 5G di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (28/11/19). Dari Batam, Telkomsel bakal menebarkan tsunami teknologi seluler generasi kelima itu ke kota-kota lain di Nusantara.

Sebenarnya, teknologi milik Telkomsel bukan yang pertama kali ini diujicobakan. Di ajang Asian Games 2018, Telkomsel sudah memperkenalkan kecanggihan teknologi itu.

Uji coba di Batam ini lebih fokus diperkenalkan untuk mendukung kebutuhan industri. Batam adalah kota pertama yang dipilih Telkomsel untuk mencicipi kemampuan teknologi 5G.

Baca Juga : Catat Tanggalnya, Festival Oh My Gig Telkomsel Banjir Artis, dari GFriend K-Pop hingga Padi Reborn

Langkah ini terbilang istimewa mengingat di Batam pula Telkomsel lahir yakni pada tahun 1995 silam. Bisa dibilang, Telkomsel ingin mengulang kenangan manis mereka tatkala pertama kali mengepakkan sayap di Bumi Pertiwi, hingga saat ini mampu menjangkau seluruh pelosok Tanah Air.

Selain itu, Batam juga merupakan kawasan transit perdagangan dengan Singapura dan Malaysia. Letaknya yang sangat strategis menjadikan Batam sebagai kawasan industri perdagangan internasional terpadu dan menjadi bagian yang sangat relevan dalam pemanfaatan teknologi 5G untuk transformasi digital dalam sektor industri.

Dalam uji coba ini, Telkomsel yang menggandeng Ericsson memamerkan sejumlah kecanggihan teknologi 5G yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa kebutuhan di antaranya smart surveillance, future city planning, immersive entertainment, seamless gaming, smart air patrol, hingga industry 4.0 enabler.

“Uji coba kali ini dilakukan dalam sejumlah kasus untuk menunjukkan hal yang mungkin dilakukan pada industri berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI),” kata Heri Supriadi, Acting CEO Telkomsel saat konferensi pers.

Menurut Heri, pemanfaatan 5G secara nyata nantinya dapat meningkatkan produktivitas serta efisiensi operasional segmen industri. Pemanfaatan ini juga dapat memperkuat daya saing bangsa.

Teknologi seluler generasi ke lima ini diyakini akan menjadi faktor yang penting di era revolusi Industry 4.0, karena pemanfaatannya secara nyata akan meningkatkan produktivitas serta efisiensi operasional segmen industri, sekaligus memperkuat daya saing bangsa.

Konferensi pers uji coba teknologi 5G di GraPARI Telkomsel Batam, Kamis (28/11/19).(F: Barakata.id/Yuri B Trisna)

Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Kominfo, Ismail mengatakan, uji coba teknologi 5G ini membuktikan bahwa Telkomsel memang telah siap melakukan lompatan-lompatan teknologi.

Baca Juga : Telkomsel Digitalkan Pendidikan di Provinsi Riau

Telkomsel bahkan siap menghadirkan tsunami teknologi 5G ke seantero negeri, yang nantinya diharap dapat mendorong bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih produktif dan efisien

“Dan kita semua memang harus siap. Lompatan teknologi 5G ini harus memberikan manfaat yang maksimal, tidak hanya untuk perusahaan (Telkomsel) dan dunia industri tapi juga untuk masyarakat dan perekonomian nasional,” katanya.

Pada uji coba tersebut juga dilakukan video call perdana menggunakan jaringan 5G oleh para petinggi Telkomsel. Acara itu juga dihadiri oleh Plt Gubernur Kepri, Isdianto.

*****

Editor : Yuri B Trisna

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here