Home Kepulauan Riau Batam

Batam Bersiap Sambut Penerapan TCA Pariwisata

Batam Sambut Pariwisata
Disbudpar Batam mengikuti rapat secara virtual bersama Kemenparekraf, Pemrov Kepri dan pelaku pariwisata terkait persiapan TCA pariwisata di Kepri, Jumat (8/5/21). (F: Disbudpar Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Batam – Kota Batam tengah bersiap sambut penerapan Travel Corridor Arrangement (TCA) pariwisata. Persiapan itu dibahas oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta para pelaku pariwisata di Batam.

Sebenarnya persiapan itu telah dilakukan jauh hari. Salah satunya dengan pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku pariwisata.

“Jika pemerintah pusat sudah menentukan, apapun kebijakannya akan didukung,” ujar Kepala Disbudpar Batam, Jumat (7/5/21).

Baca Juga:

Ardi mengatakan, jika TCA segera diterapkan, tentu diperlukan Standar Operasional Prosedur (SOP). Hal itu penting, dengan dibukanya gerbang pariwisata Pemko Batam tentu harus mempertimbangkan dampak terburuknya.

Tapi di sisi lain, pihaknya memahami kebijakan itu demi memulihkan pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

Ardi mengatakan, sesuai rencana awal, di Batam TCA tersebut diberlakukan dulu di kawasan Nongsa. Dalam rapat tersebut, Ardi menyampaikan saat ini Pemko Batam masih fokus menangani Covid-19. Bahkan pemerintah memperketat protokol kesehatan demi menekan penyebaran Covid-19.

“Batam sejauh ini sangat fokus menangani pandemi,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kepri TS Arif Fadillah mengatakan capaian vaksinasi pada sektor pariwisata di Kepri per 5 Mei 2021.

Untuk travel bubble di Nongsa sensation sasarannya 1.913 orang. Sedangkan jumlah yang telah divaksin 1.812 orang atau 94,7 persen. Sedangkan untuk Lagoi dengan sasaran 4.083 orang, telah divaksin 3.812 orang atau 93,4 persen.

Deputi I Kantor Staf Presiden Febry Calvin Tetelepta mengatakan, agenda rapat membahas progres vaksinasi pada zona prioritas, rencana perubahan Permenkumham terkait visa wisatawan, penyiapan aplikasi tracing, kesiapan destinasi pariwisata dan asuransi Covid-19.

Baca Juga:

“Nanti 8 juni kita akan rapat kembali di Batam,” kata dia.

Dalam rapat yang akan dilakukan pada bulan depan itu, tak lagi membahas wacana seperti saat ini, tapi sudah membahas tugas masing-masing. Meliputi tugas kementerian lembaga juga pemerintah daerah.

“Termasuk kesiapan Pemda. Hitung secara strategis dan teknis siap atau tidak untuk ini” kata dia.

***

Editor: Asrul R

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin