Home Nusantara

Selama Masa Liburan Lebaran, Layanan Penerbitan SIM Ditutup

SIM
Ilustrasi. Layanan SIM ditutup selama liburan lebaran. F: Polri.go.id
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Jakarta –  Layanan penerbitan Surat Izin Mengemudi atau SIM, ditutup selama masa libur Lebaran mulai 12 hingga 16 Mei 2021. Hal ini sesuai surat telegram Kapolri nomor ST/959/V/YAN.1.1./2021  tertanggal 6 Mei 2021.

“Layanan penerbitan SIM kepada masyarakat libur pada tanggal 12 Mei sampai dengan 16 Mei,” demikian isi salah satu poin dalam telegram tersebut, dikutip dari Viva.co.id, Sabtu (8/5/2021)

Menurut telegram tersebut, masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis pada tanggal itu akan diberikan dispensasi berupa perpanjangan masa tenggang. Nantinya, mereka diperbolehkan melakukan perpanjangan SIM pada 17-19 Mei.

Baca juga: 

“Bagi pemegang SIM yang tidak melaksanakan perpanjangan pada masa tenggang waktu tersebut, maka dilaksanakan dengan mekanisme penerbitan SIM baru,” tulis telegram tersebut lagi.

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korps Lalu Lintas Polri, Komisaris Besar Polisi Jati menjelaskan bahwa selain datang ke mobil SIM keliling atau gerai, warga yang hendak memperpanjang masa berlaku SIM bisa melakukannya secara online.

Baca juga:

Caranya yakni dengan menggunakan aplikasi Sinar, yang telah resmi diluncurkan beberapa waktu lalu. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk proses pembuatan SIM baru maupun perpanjangan secara online.

Menurut Jati, dengan aplikasi Sinar maka dapat mencegah terjadinya kerumunan masyarakat yang melakukan perpanjangan SIM. Kartu baru nantinya akan dikirim ke rumah pemohon, melalui layanan Pos Indonesia.

“Ada aplikasi Sinar, ada pilihan online dan offline,” ujarnya.

*****

Editor: Ali Mhd

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin